3 Manfaat Makan Yogurt untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi makanan sehat untuk menjamin masa kehamilan yang sehat sudah pasti jadi prioritas pertama yang dilakukan oleh semua ibu hamil. Sudah pasti Anda ingin agar si kecil di dalam rahim Anda berkembang dengan baik hingga nanti saat hari persalinan tiba. Itulah kenapa Anda rela merombak pola makan Anda dengan menyantap makanan dan minuman bernutrisi seperti sayuran dan buah-buahan. Bahkan selama hamil Anda juga berusaha menyantap camilan yang sehat, seperti yogurt misalnya. Hayo, sudah tahukah Anda manfaat makan yogurt untuk ibu hamil?

Secara umum, kita pasti sudah tahu manfaat yogurt untuk kesehatan pencernaan. Yogurt mengandung probiotik yang membantu menjaga keseimbangan bakteri di dalam perut. Manfaat yogurt dalam membantu mempercepat sistem metabolisme membuat produk turunan susu ini sering dijadikan pilihan favorit orang-orang yang tengah menjalani program diet. Dan ternyata, bahkan ibu hamilĀ  pun bisa lho mendapatkan manfaat dari konsumsi yogurt. Simak yuk manfaat makan yogurt untuk ibu hamil berikut ini.

  • Mencegah Masalah Pencernaan Selama Hamil

Konstipasi adalah masalah umum yang paling sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Tapi Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi yogurt secara rutin. Bakteri Lactobacillus Acidophilus di dalam yogurt bersifat sebagai probiotik yang membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus pencernaan Anda. Alhasil proses pencernaan makanan pun akan berlangsung secara maksimal dan Moms pun akan terhindar dari resiko sembelit selama hamil.

  • Membantu Mencegah Preeclampsia

Tahukah Anda kalau konsumsi yogurt secara rutin bisa membantu mencegah terjadinya preeclampsia? Satu jurnal penelitian medis yang disusun oleh sekelompok peneliti dari Universitas Khon Kaen Departemen Obstetri dan Ginekologi Thailand menunjukkan bahwa konsumsi yogurt secara teratur selama masa kehamilan bisa membantu memperkecil kemungkinan terjadinya preeclampsia.

Preeclampsia adalah komplikasi kehamilan yang diakibatkan oleh tingginya tekanan darah pada ibu hamil yang ditandai dengan tingginya protein di dalam urin. Komplikasi ini tidak hanya mengakibatkan bayi terancam terlahir prematur tapi juga bisa mengakibatkan kerusakan organ-organ vital pada ibu hamil.

  • Memenuhi Kebutuhan Kalsium pada Ibu dan Bayi

Selama Anda hamil, Anda membutuhkan asupan kalsium yang sangat besar baik untuk Anda maupun untuk janin yang ada di dalam rahim. Dan sebagai salah satu produk turunan susu, yogurt bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Bayi Anda membutuhkan kalsium sebanyak mungkin untuk membantu menjaga perkembangan sekaligus memperkokoh struktur tulang dan gigi. Sedangkan Anda membutuhkan kalsium agar terhindar dari resiko osteoporosis selama kehamilan.

Ternyata ada banyak ya manfaat makan yogurt untuk ibu hamil. Lumayan nih untuk dijadikan variasi camilan sehat selama masa kehamilan.

author
No Response

Leave a reply "3 Manfaat Makan Yogurt untuk Ibu Hamil"