3 Masalah Kulit yang Terjadi Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Masa kehamilan adalah satu hal yang paling disambut dengan penuh sukacita oleh pasangan yang memang merencanakan ingin punya anak, terlebih lagi jika mereka sudah menanti selama bertahun-tahun. Selama trimester pertama kehamilan, kebanyakan ibu hamil akan mengalami gejala morning sickness, mood swing, dan rasa lelah yang menimbulkan ketidaknyamanan. Selain itu, cukup banyak juga dari Anda yang akan mengalami beberapa masalah kulit. Berikut adalah masalah kulit yang terjadi saat hamil sekaligus cara mengatasinya.

  • Stretch Marks

Salah satu masalah kulit yang terjadi saat hamil dan sering mengakibatkan ibu hamil jadi minder adalah timbulnya stretch marks. Stretch marks atau selulit adalah kantong-kantong lemak yang terdapat di jaringan bawah kulit. Gurat-gurat kantong lemak tersebut terbentuk akibat kulit tubuh yang tertarik dalam jangka waktu yang cepat. Mulanya stretch marks akan berwarna merah atau ungu akibat pembuluh darah yang tertarik, sebelum lambat laun akan berubah menjadi warna putih.

Stretch marks biasanya akan memudar dan menghilang dengan sendirinya. Namun jika Moms merasa minder, Anda bisa mengoleskan beberapa bahan tradisional untuk mempercepat memudarnya stretch marks tersebut. Antara lain:

  • Minyak vitamin E
  • Minyak zaitun
  • Putih telur
  • Air lemon
  • Melasma

Melasma adalah salah satu jenis hiperpigmentasi yang sangat umum menyerang ibu hamil. Gejala melasma adalah munculnya bercak kecoklatan di wajah, dan umumnya kemunculan dari bercak-bercak coklat ini bersifat menyebar. Faktor penyebab melasma yang utama adalah akibat gejolak hormon yang tidak seimbang selama kehamilan. Selain itu penggunaan birth control dan konsumsi suplemen estrogen juga bisa memicu timbulnya melasma ini. Konon, melasma akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan hingga masa persalinan.

Untuk mengatasi tipe hiperpigmentasi ini, Anda wajib mengenakan krim sunscreen dengan SPF 30 yang ampuh untuk menghalau radiasi sinar UVA dan UVB terutama saat Anda akan pergi ke luar rumah. Ganti produk facial Anda dengan menggunakan produk pembersih wajah yang ramah di kulit.

  • Varises

Seiring dengan semakin beratnya kandungan Anda, ada kemungkinan Moms akan mengalami varises. Varises adalah membengkaknya pembuluh darah di area kaki sehingga membuat kaki terlihat keunguan atau kebiruan. Kaki Anda juga akan terasa lebih berat dan sakit saat digerakkan. Dan tidak jarang, area di sekitar lokasi varises pun terasa gatal.

Langkah untuk mencegah varises adalah:

  • Jaga asupan makanan dan atur pola olahraga untuk mencegah obesitas
  • Jangan berada di satu posisi (duduk atau berdiri) dalam jangka waktu yang lama
  • Saat duduk atau berbaring gunakan bangku atau bantal untuk menyangga kaki

Kebanyakan dari masalah kulit yang terjadi saat hamil memang tidak berbahaya. Tapi memang sebaiknya diatasi untuk menjaga kenyamanan Anda selama masa kehamilan, Moms.

author
No Response

Leave a reply "3 Masalah Kulit yang Terjadi Saat Hamil dan Cara Mengatasinya"