3 Penyebab dan Cara Mengatasi Bintik Merah pada Bayi

Yang namanya baru menjadi mama, pasti ada banyak sekali hal yang membuat Anda waspada. Apalagi pada bayi yang baru lahir, sistem imunnya masih sangat lemah. Jadi ketika muncul ruam-ruam merah pada permukaan kulit bayi, Moms pasti langsung waspada. Apa saja hal yang menyebabkan ruam tersebut muncul, dan bagaimana ya cara mengatasi bintik merah pada bayi?

Cara Mengatasi Bintik Merah pada Bayi

Sebelumnya, Bunda bisa sedikit menarik napas lega. Karena sebenarnya kemunculan bintik-bintik merah tersebut adalah hal yang sangat wajar. Kulit bayi yang sangat sensitif masih berusaha mencoba menyesuaikan diri dengan suhu dan kondisi lingkungan sekitarnya. So in general, bintik-bintik merah tersebut sama sekali tidak berbahaya dan bakal reda dengan sendirinya. Jadi, apa itu artinya tidak diperlukan cara untuk mengatasi bintik merah pada bayi?

Penyebab Bintik Merah pada Bayi

Ups, ternyata gak juga lho Moms. Anda tetap disarankan untuk mengkonsultasikannya terlebih dulu dengan dokter anak Anda. Karena ternyata kemunculan bintik-bintik merah itu juga bisa dipicu oleh berbagai macam faktor. And obviously hanya dokter-lah yang tahu cara mendeteksi penyebab sekaligus perlu-tidaknya tindakan medis untuk si kecil. Faktor yang bisa jadi penyebab munculnya bintik-bintik merah pada bayi antara lain:

Eksim

Eksim adalah satu jenis kondisi kesehatan yang sering menimpa orang dengan kulit sensitif. Eksim juga sering ditemukan pada bayi-bayi yang baru lahir. Gejala eksim antara lain munculnya ruam-ruam merah, kulit bayi menjadi kering hingga mengakibatkan gatal-gatal. Eksim biasanya timbul ketika bayi terkena kontak dengan suhu ekstrim atau produk sabun mandi atau pewangi pakaian dengan bahan kimia keras yang memicu reaksi alergi. Eksim biasanya muncul di area lipatan kulit, seperti di daerah sekitar mata dan telinga, leher, siku, atau di belakang lutut.

Urtikaria

Urtikaria atau yang lebih dikenal dengan sebutan biduran adalah reaksi alergi kulit yang mengakibatkan munculnya ruam-ruam merah yang sangat gatal. Biduran juga bisa muncul gara-gara konsumsi makanan pemicu alergi atau bahkan akibat sengatan serangga. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena gejala biduran akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan hari.

Tapi Moms wajib waspada jika biduran tersebut tidak kunjung reda, dan malah disertai dengan gejala sesak napas. Besar kemungkinan anak Anda menderita satu gejala alergi serius yang disebut dengan anafilaksis , dan membutuhkan pertolongan medis secepat mungkin.

Meningitis

Ruam merah yang kelihatannya harmless bisa juga jadi gejala awal dari meningitis lho. Meningitis adalah penyakit infeksi yang menyerang lapisan syaraf tulang belakang anak. Selain kemunculan bintik-bintik merah di kulit, anak juga menunjukkan gejala-gejala lain. Yaitu:

  • Menolak ASI
  • Demam
  • Muntah-muntah
  • Dan rewel.

Cara terbaik untuk mengatasi bintik merah pada bayi memang harus dikonsultasikan dulu dengan dokter, Moms. Semoga informasi ini membantu.

author
No Response

Leave a reply "3 Penyebab dan Cara Mengatasi Bintik Merah pada Bayi"