3 Penyebab Keringat Dingin pada Bayi

No comment 487 views

Keluarnya keringat dingin pada bayi sebenarnya adalah hal yang sangat wajar, namun pastinya membuat orangtua merasa cemas. Apalagi jika keringat tersebut keluar secara berlebihan. Keringat dingin biasanya muncul di malam hari, tapi bisa juga di siang hari. Biasanya keringat tersebut muncul pada beberapa bagian tubuh bayi, seperti telapak kaki, ketiak, serta telapak tangan. Benarkah Anda perlu merasa khawatir?

Ternyata munculnya keringat dingin pada bayi bisa dipicu oleh berbagai macam faktor, Moms. Kebanyakan dari faktor tersebut sebenarnya bukan pertanda bahaya, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Tapi ada baiknya Anda sedikit waspada karena keringat dingin bisa juga menandakan gangguan kesehatan serius. Berikut adalah penyebab keringat dingin yang dialami si kecil.

  • Bayi Masuk ke dalam Fase Deep Sleep

Walaupun bayi terlihat sangat gampang sekali terbangun dan membuat Anda terjaga hampir semalaman suntuk, sebenarnya begitu dia tidur dia sanggup mencapai fase deep sleep dibandingkan anak-anak maupun orang dewasa lho. Ketika mereka masuk ke dalam fase tidur terdalam ini, mereka akan sangat jarang bergerak-gerak sehingga membuat tubuh mereka berkeringat.

  • Temperatur Ruangan yang Terlalu Panas

Seringkali orangtua membungkus tubuh si kecil dengan selimut, terlepas dari udara yang panas dan lembap. Dan rasanya tak ada orang yang bakal betah tidur berselimut di tengah-tengah cuaca seperti itu, kan? Begitu juga dengan bayi Anda. Menjaga agar bayi Anda tidak kedinginan memang penting, tapi jangan sampai bayi merasa kegerahan. Usahakan agar temperatur ruangan tempat ia tidur tidak terlalu dingin maupun panas, ya.

  • Bayi Mengalami Gangguan Kesehatan

Faktor satu ini wajib sekali Anda waspadai, Moms. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, over all keringat dingin yang dialami si kecil bukanlah hal yang harus terlalu dikhawatirkan. Tapi ada kalanya Anda harus meningkatkan kewaspadaan karena bisa saja keringat dingin tersebut sebenarnya merupakan gejala dari:

  • Sleep Apnea: Sleep apnea atau kesulitan bernapas seringkali melanda bayi yang terlahir secara prematur karena perkembangan paru-paru mereka yang tidak sempurna. Selain berkeringat dingin, Anda wajib waspada jika bayi Anda menunjukkan gejala-gejala lain seperti adanya jeda bernapas selama lebih dari 20 detik, warna kulit bayi yang berubah menjadi kebiruan serta bayi terlihat kesulitan bernapas
  • Kelainan jantung bawaan: Jika bayi Anda juga berkeringat dingin di area telapak tangan, telapak kaki serta ketiak bahkan saat ia tengah bermain atau saat makan, maka besar kemungkinan si kecil mengidap kelainan jantung bawaan. Untuk lebih pastinya, sebaiknya Bunda segera berkonsultasi dengan dokter
  • Sepsis atau infeksi yang menyerang sirkulasi darah
  • Hipoglikemia
  • Hyperhidrosis

Semoga informasi keringat dingin pada bayi di atas memberikan informasi yang Anda butuhkan, Moms.

author
No Response

Leave a reply "3 Penyebab Keringat Dingin pada Bayi"