3 Tips Mencegah Karies Gigi pada Balita

Terjadinya gigi berlubang atau karies gigi adalah hal yang sudah cukup umum terjadi, terutama pada anak-anak balita. Karies gigi pada balita, atau Early Childhood Caries biasanya terjadi pada baris gigi balita di bagian atas, walaupun tidak menutup kemungkinan karies juga bisa terdapat pada gigi samping maupun bawah. Dan kali ini, Katalog Ibu tak hanya akan membahas tentang penyebab karies gigi, tapi sekaligus tips ampuh mencegah karies gigi pada balita.

Penyebab

Sebelum membahas cara mencegah karies gigi pada balita, kita kupas terlebih dulu tentang penyebab karies gigi yuk. Karies gigi yang dialami balita memiliki penyebab yang kurang lebih sama dengan penyebab karies pada orang dewasa, yaitu infeksi bakteri. Pada balita, karies terbentuk karena minuman atau jus buah yang mengandung gula berada di dalam mulut bayi dalam jangka waktu yang lama. Bakteri kemudian mengubah zat gula tersebut menjadi asam yang lambat laun mengakibatkan struktur gigi balita jadi keropos hingga berlubang.

Selain itu, ada juga penyebab lainnya, seperti kondisi kesehatan yang diidap bayi sehingga mengakibatkan struktur giginya rapuh dan yang paling penting adalah kurangnya perhatian orangtua terhadap kebersihan gigi anak.

Cara Mengatasi

Karies gigi bisa dicegah, dan itu akan jauh menghemat biaya dibandingkan biaya pengobatan gigi ke dokter hewan. Dan tips untuk mencegah karies gigi pada anak balita sebenarnya sangat sederhana lho, Moms.

  • Hapus kebiasaan memberikan sebotol susu atau jus dengan dot saat ia akan tidur. Menurut asosiasi dokter anak Amerika (AAP), hal tersebut tidak hanya mengakibatkan karies gigi tapi juga berpotensi mengakibatkan balita terkena infeksi telinga.

Balita di usia sekitar7-8 bulan sebenarnya sudah tidak membutuhkan susu mendekati jam tidur, tapi seandainya itu dapat membantunya untuk tidur lebih cepat maka cukup isi botol minuman si kecil dengan sedikit susu atau jus yang dicampur dengan air. Lakukan hal tersebut selama paling tidak beberapa minggu, kemudian ganti sepenuhnya dengan air putih.

  • Biasakan menggosok gigi dan gusi bayi bahkan sejak ia berusia di bawah 6 bulan. Sebelum giginya tumbuh, Moms bisa menggosok gusinya dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut khusus bayi atau kain bersih yang dibasahi air. Baru setelah gigi pertamanya tumbuh, Anda bisa mulai menggosok giginya dengan menggunakan sikat gigi bayi dua kali sehari. Anda tidak membutuhkan terlalu banyak pasta gigi untuk itu.
  • Ajari anak Anda untuk mulai minum dari gelas sedini mungkin. Anak Anda sudah bisa diajari untuk mulai meminum minumannya dari gelas sejak ia berusia 12 hingga 15 bulan.

Dan jangan lupa untuk membatasi konsumsi makanan manis dan lengket seperti permen, cokelat, kue, dan lain sebagainya. Hanya berikan makanan tersebut sebagai treats setelah jam makan. Semoga informasi mencegah karies gigi pada balita di atas bermanfaat untuk Anda.

author
No Response

Leave a reply "3 Tips Mencegah Karies Gigi pada Balita"