3 Tips Mengasuh Anak Bermental Sehat

No comment 201 views

Bagaimana tips mengasuh anak sehat dan pintar? Pastinya Anda sudah sering membaca artikel tentang itu dimanapun. Tentu saja kesehatan anak adalah hal yang sangat penting, begitu juga memiliki anak yang pintar pastinya akan membanggakan Anda. Tapi, pernahkah Anda berpikir untuk membesarkan seorang anak dengan kondisi mental yang sehat?

Kesadaran akan kesehatan mental di Indonesia sayangnya masih sangat minim dan sering disepelekan. Padahal, kondisi mental seorang anak sangatlah penting, karena kelak itulah yang akan menjadi karakternya saat ia dewasa nanti. Kesehatan mentalnya juga akan membantu atau justru menghambatnya dalam meraih mimpi-mimpinya. Dan pihak yang paling bertanggung jawab dalam perkembangan mentalnya adalah orangtuanya.  So parents, simak yuk tips mengasuh anak bermental kuat berikut ini.

  • Bantu Mereka Menghadapi Emosi Negatif

Apakah Anda termasuk jenis orangtua yang sering mengatakan hal seperti, “Jangan menangis!”, “Kamu tidak boleh marah!”, “Kamu tidak seharusnya merasa seperti itu!”? Karena jika ya, maka Anda sebaiknya menghentikan hal tersebut sekarang juga.

Ketahuilah bahwa emosi negatif adalah hal alami yang dimiliki oleh semua orang, termasuk anak-anak Anda. Anak Anda tidak “memilih” untuk merasa sedih, marah, atau frustrasi, dan mereka berhak mengekspresikan apa yang mereka rasakan tanpa perlu merasa dihakimi. Seorang anak yang dibesarkan di lingkungan yang mana ia bebas mengekspresikan perasaannya, akan lebih terkontrol dalam mengatur emosinya.

Sebaliknya, jika anak dibesarkan dengan perasaan bersalah akan emosinya akan terbiasa memendam perasaan dan mengalami kesulitan dalam mengekspresikan dirinya sehingga ia dapat terserang depresi atau justru terlibat dalam aktivitas-aktivitas perusakan dan perkelahian.

  • Terima dan Hargai Pendapat Anak

Menjadi pendengar yang baik juga sangatlah penting untuk membentuk anak bermental sehat, terutama dalam hal memupuk kepercayaan diri serta kepercayaan terhadap orang lain. Selalu ajak si kecil berbicara tentang hal-hal yang terjadi di sekolahnya, atau tentang hal-hal lain yang menarik minatnya. Ketika ia berbicara tentang pendapatnya dan juga apa yang ia rasakan, dengarkanlah dengan baik tanpa menyela atau berusaha “membenarkannya”.

  • Perhatikan Kesehatan Mental Anda

Anak yang bermental sehat hanya bisa dibesarkan oleh orangtua yang juga bermental sehat. Sehingga jika sebenarnya Anda saat ini sedang berjuang dengan mental struggles seperti depresi atau menghadapi trauma akibat kekerasan fisik maupun mental, Anda pun perlu mencari bantuan untuk diri Anda sendiri. Carilah dukungan dari suami atau dari orang-orang terdekat Anda, atau jika dibutuhkan pun Anda juga bisa berkonsultasi dengan pskiater. Jangan menghadapinya sendirian.

Semoga tips mengasuh anak di atas bermanfaat untuk Anda.

author
No Response

Leave a reply "3 Tips Mengasuh Anak Bermental Sehat"