4 Cara Mempercepat Pembukaan Jalan Lahir

Memasuki masa kehamilan trimester ketiga Moms pasti akan semakin sering mendengar istilah-istilah yang dipakai dalam bidang persalinan, salah satunya adalah pembukaan. Yang disebut dengan pembukaan adalah proses pelebaran dan pembukaan mulut rahim atau serviks, dengan tujuan untuk  memberi jalan pada bayi untuk keluar dari rahim. Pembukaan serviks tersebut terjadi selama bertahap ditandai dengan nomor 1 hingga 10. Ketika seorang ibu mencapai pembukaan ke-10, maka itu artinya proses persalinan sudah bisa dilakukan. Bagaimana jika pembukaan tersebut tidak kunjung terjadi? Jangan keburu panik dulu, Bunda. Simak cara mempercepat pembukaan jalan lahir berikut ini yuk.

  • Meditasi

Cara mempercepat pembukaan jalan lahir yang pertama adalah dengan melakukan meditasi. Sebelum melakukan meditasi, kondisikan dulu lingkungan sekitar Anda. Anda harus berada di ruangan yang lapang dan tenang. Singkirkan berbagai macam pikiran yang membebani kepala dan buat otot-otot tubuh Anda menjadi lebih rileks dengan bernapas dalam-dalam.

Sugestikan pikiran optimis dan pusatkan energi positif ke dalam tubuh dan pikiran Anda. Pikiran yang tenang tidak hanya dapat membantu mempercepat proses pembukaan, tapi juga bisa membantu mengurangi sakit selama persalinan.

  • Olahraga Birthing Ball

Kunci dari cepatnya proses pembukaan adalah otot serviks yang kuat. Untuk membantu melatih kekuatan otot serviks, Anda bisa melakukan senam dengan menggunakan birthing ball. Olahraga ini adalah salah satu olahraga yang sangat disarankan untuk ibu hamil.

Selama Anda melakukan senam birthing ball ini, Anda wajib didampingi dengan instruktur yang berpengalaman di bidangnya. Tentu saja tujuannya agar tidak terjadi kecelakaan yang bisa membahayakan Moms dan bayi yang ada di dalam perut Anda. Selain untuk membantu mempercepat proses pembukaan serviks, olahraga ini juga bisa membantu meredakan nyeri punggung yang pastinya sering dialami oleh ibu hamil di kehamilan usia akhir.

  • Melakukan Olahraga Ringan

Anda tidak perlu ragu-ragu untuk berolahraga saat hamil, terutama di usia kehamilan trimester ketiga. Tapi, batasi diri Anda dengan hanya melakukan olahraga ringan saja, contohnya seperti berjalan kaki selama 30 menit. Lakukan olahraga ringan ini dengan santai dan berhentilah begitu Anda merasa kelelahan.

  • Mengikuti Proses Medis

Dan jika setelah melakukan semua tips di atas ternyata saat persalinan Anda masih dihadapkan dengan masalah pembukaan, maka dokter biasanya akan mengambil tindakan medis. Tindakan medis tersebut bisa jadi dengan cara memberikan pil atau gel untuk membantu mempercepat pelunakan serviks ,atau dengan pengobatan intravena dengan menyuntikkan hormon oksitoksin ke dalam tubuh Anda.

Demikianlah 4 cara mempercepat pembukaan jalan lahir. Semoga informasi ini memberikan manfaat.

author
No Response

Leave a reply "4 Cara Mempercepat Pembukaan Jalan Lahir"