4 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Banyak dari kita dibuat terkagum-kagum dengan penampilan selebritis yang baru saja melahirkan namun sudah terlihat kembali langsing. Memiliki tubuh yang kembali langsing tentunya menjadi impian bagi hampir semua ibu hamil, terutama pada ibu-ibu muda. Dan cara mengecilkan perut setelah melahirkan pun ternyata tidak semahal yang kita kira.

  • Menyusui

Tahukah Anda kalau ternyata menyusui adalah salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan? Penelitian membuktikan bahwa dengan menyusui si kecil selama 6 bulan, Tubuh Anda dapat membakar kalori hingga 500 kalori tiap harinya. Itu dikarenakan nutrisi makanan yang tersimpan di dalam tubuh Anda tercampur di dalam ASI dan berpindah ke dalam tubuh bayi melalui aktivitas menyusui. Makin bersemangat dalam menyusui si kecil, kan?

  • Olahraga

Aktivitas menyusui saja tidak cukup, Moms. Anda juga wajib berolahraga rutin. Jenis olahraga yang disarankan adalah olahraga ringan seperti yoga, aerobik, atau senam kegel. Hindari olahraga yang berat, karena walaupun Anda sudah melewati masa kehamilan tetap saja tubuh Anda masih dalam masa pemulihan pasca persalinan.

Timing untuk berolahraga juga harus tepat, Moms. Sekedar saran, sebaiknya Anda menunggu hingga 6 minggu pasca persalinan sebelum memulai rutinitas olahraga. Ada baiknya juga untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan obygn Anda untuk menentukan waktu serta jenis olahraga yang tepat. Apalagi, jika Anda baru saja menjalani persalinan melalui operasi caesar.

  • Minum Banyak Air

Pembakaran kalori yang maksimal berhubungan dengan sistem metabolisme yang sehat. Dan untuk mendukung sistem metabolisme agar bekerja dengan maksimal, Anda perlu asupan air minum yang cukup. Konsumsi air bagi tiap orang memang berbeda, tapi paling tidak konsumsi air sebanyak 8 gelas tiap hari dapat membantu melarutkan lemak berlebih  sekaligus membuang zat-zat racun dari dalam tubuh.

  • Jaga Asupan Makanan

Pada poin awal tadi, Anda sudah tahu bahwa ternyata dengan menyusui saja sudah bisa membakar 500 kalori tiap harinya. Nah, tapi bukan berarti Anda lantas bisa menyantap sembarang makanan lho. Karena sebanyak apapun kalori yang terbuang dari dalam tubuh Anda, jika kalori yang masuk jumlahnya jauh lebih besar maka tetap saja tubuh Anda akan sulit langsing kembali. Jagalah asupan makanan Anda dengan mengkonsumsi makanan bergizi seperti sayur, buah-buahan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Dan yang paling penting adalah, hindari diet ekstrim. Crash diets yang biasanya hanya mengandalkan satu atau dua jenis makanan saja tidak hanya dapat merugikan kesehatan Anda, tapi bayi Anda pun tidak dapat memperoleh nutrisi yang ia butuhkan. Cukup lakukan saja cara mengecilkan perut setelah melahirkan dari Katalog Ibu di atas, okay?

author
No Response

Leave a reply "4 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan"