4 Hal yang Dirasakan Bayi dalam Kandungan Bikin Kagum

Kehamilan adalah salah satu hal yang paling misterius dan mengagumkan di dalam hidup ini. Bayangan akan sesosok manusia baru yang terus berkembang di dalam perut Anda adalah salah satu hal yang membuat kehamilan dinilai sebagai satu hal yang sakral bagi umat manusia. Menyaksikan perkembangan janin dari waktu ke waktu melalui mesin monitor USG juga selalu menjadi momen yang mengharukan bagi tiap pasangan. Dan tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa hal yang dirasakan bayi dalam kandungan?

  • Merasakan Makanan yang Anda Konsumsi

Hal yang dirasakan bayi dalam kandungan adalah, janin Anda ternyata bisa merasakan rasa dari makanan yang Anda konsumsi pada usia kehamilan 9 minggu. Ia mulai dapat mengecap rasa makanan melalui air ketuban yang mengelilinginya. Ada baiknya Anda memperbanyak konsumsi makanan sayuran dan buah-buahan yang menyehatkan, salah satu manfaatnya adalah agar si kecil sudah mulai terbiasa dengan makanan sehat semenjak ia berada di dalam rahim. Yang artinya, ia sudah akan memiliki preferensi makanan sehat nantinya.

  • Merasakan Stres

Semenjak ia sudah berada di dalam rahim, seorang bayi sudah mulai bisa merasakan emosi dan stres. Rasa stres yang dirasakan bayi biasanya berkaitan erat dengan emosi stres yang dirasakan oleh ibunya. Hal tersebut dikarenakan bayi dapat tanpa sengaja menyerap sejumlah hormon stres kortisol yang mengalir di dalam darah Anda. Semakin besar jumlah kortisol yang masuk, maka akan semakin besar pula kemungkinan bayi mengalami stres berat.

Stres berat pada bayi bisa mengakibatkan kerusakan otak atau bahkan pertumbuhan yang terhambat. Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya Anda mulai kebiasaan hidup sehat dan bebas stres dengan cara berolahraga ringan, bermeditasi, makan makanan sehat, dan jangan lupa untuk sharing beban masalah yang Anda hadapi dengan suami dan keluarga Anda.

  • Merasa Kaget

Di usia sekitar 9 minggu, organ pendengaran bayi sudah mulai berfungsi dengan cukup baik. Ia sudah mulai bisa mendengarkan tidak hanya suara detak jantung ibunya, tetapi juga suara-suara dari luar. Ketika ia mendengar suara yang cukup keras, seperti suara benturan atau suara halilintar, bayi Anda akan merasa terkejut. Keterkejutannya diekspresikan dengan cara menendang-nendang perut ibundanya.

  • Merasakan Sentuhan Orangtuanya

Suatu penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Dundee University Skotlandia menunjukkan bahwa bayi di usia kehamilan 21 hingga 33 minggu sudah bisa merasakan sentuhan dari ibundanya. Ketika Anda membelai lembut perut Anda, maka bayi akan memberikan reaksi dengan bergerak-gerak atau menendang lembut perut Anda. Gunakan fakta ini sebagai cara untuk bonding dengan si kecil ya, Moms.

Cukup banyak juga ya hal yang dirasakan bayi dalam kandungan. Sungguh mengagumkan ya, Moms?

author
No Response

Leave a reply "4 Hal yang Dirasakan Bayi dalam Kandungan Bikin Kagum"