4 Informasi Dasar tentang Kehamilan Untuk Calon Ibu

Kehamilan pertama selalu menjadi pengalaman yang paling mendebarkan. Di kehamilan pertama Anda, tentunya ada banyak sekali hal yang belum Anda ketahui, dan bisa jadi hal tersebut membuat Moms dilanda kecemasan. Tapi tenang saja, Bunda. Selama Anda mengetahui serta mengikuti informasi dasar tentang kehamilan berikut ini, resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama hamil pun bisa diminimalisir! Simak infonya berikut ini yuk.

  • Tanda-Tanda Kehamilan

Informasi dasar tentang kehamilan yang pertama sudah pasti tentang tanda-tanda dari kehamilan. Sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui apakah saat ini Anda hamil atau tidak. Trimester pertama adalah masa kandungan yang krusial karena saat itulah embrio di dalam rahim mengalami perkembangan menjadi janin. Dan embrio tersebut membutuhkan asupan nutrisi makanan yang tepat.

Tanda-tanda kehamilan yang paling umum diketahui adalah terlewatnya siklus menstruasi, morning sickness, mudah merasa kelelahan, dan lain sebagainya. Tapi satu-satunya cara yang paling akurat untuk mengetahui tepat tidaknya tanda kehamilan tersebut adalah dengan menggunakan test pack yang bisa Anda beli dengan bebas di apotek.

  • Menentukan Usia Kehamilan

Anda positif hamil? Selamat! Sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana cara menentukan usia kehamilan. Ini ditujukan agar anak Anda dapat memperoleh nutrisi yang ia butuhkan di tiap tahap perkembangannya. Untuk mengetahui usia kehamilan, biasanya dokter menggunakan tanggal terakhir Anda menstruasi sebagai acuan. Maka dari itu, rajinlah mencatat tanggal menstruasi Anda tiap bulannya, Moms.

  • Pemeriksaan Kehamilan

Selama masa kehamilan 9 bulan, Anda sangatlah disarankan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin ke dokter kandungan. Pemeriksaan rutin ini dapat membantu Anda mengetahui perkembangan janin di dalam rahim, dan juga dapat membantu mengatasi gejala komplikasi kehamilan sehingga tidak sampai membahayakan nyawa Anda maupun nyawa anak Anda. Jangan tunggu sampai terjadi hal yang tidak diinginkan!

  • Komplikasi Kehamilan

Anda tentu menginginkan masa kehamilan yang sehat. Tapi untuk itu Anda juga wajib tahu bahwa ada kalanya kehamilan Anda terganggu gara-gara berbagai macam jenis komplikasi kehamilan. Ada banyak sekali komplikasi kehamilan yang mengintai ibu hamil, contohnya seperti infeksi TORCH, kehamilan ektopik atau kehamilan yang terjadi di luar rahim, pre-eclampsia, dan lain sebagainya.

Cara paling ampuh untuk meminimalisir terjadinya komplikasi adalah dengan menjaga pola makan dan gaya hidup. Selain itu, ada baiknya Anda juga mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi dan rajin melakukan kontrol rutin ke dokter kandungan.

Dengan informasi dasar tentang kehamilan dari Katalog Ibu di atas, semoga dapat jadi panduan Anda untuk kehamilan yang sehat.

author
No Response

Leave a reply "4 Informasi Dasar tentang Kehamilan Untuk Calon Ibu"