4 Macam Buah untuk Ibu Menyusui

No comment 114 views

Masa menyusui adalah masa yang paling sangat penting terlebih bagi bayi Anda. Selama 6 bulan ke depan, ia akan sangat membutuhkan ASI yang berkualitas selama 6 bulan ke depan. Dan tentu saja tinggi-rendahnya kualitas dari ASI Anda sepenuhnya ditentukan dari jenis makanan yang Anda konsumsi. Dan jika Anda adalah salah satu dari ibu menyusui, pasti Moms benar-benar selektif dalam memilih menu makanan harian ya?  Jangan lupa untuk melengkapi menu ASI sehat Anda dengan macam buah untuk ibu menyusui berikut ini.

  • Pepaya Hijau

Daun katuk adalah jenis sayuran yang berkhasiat untuk memperbanyak volume ASI, dan ternyata kerajaan buah-buahan pun punya pepaya hijau dengan manfaat yang sama. Buah pepaya hijau mengandung substansi yang disebut dengan galactagogue dan juga berbagai jenis enzim lainnya. Buah pepaya juga kaya akan vitamin A, B,C, dan vitamin E yang sangat bagus untuk memperkuat sistem imun si kecil. Tak heran jika pepaya hijau jadi salah satu macam buah untuk ibu menyusui

  • Pisang

Buah pisang merupakan salah satu sumber zat potasium yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. Dalam satu buah pisang berukuran sedang saja sudah mengandung sekitar 450 miligram potasium. Potassium sangat dibutuhkan untuk membantu keseimbangan elektrolit di dalam cairan tubuh. Potassium juga membantu melancarkan proses metabolisme tubuh. Buah pisang juga kaya akan zat antioksidan, serat, dan berbagai macam vitamin dan mineral yang bermanfaat baik bagi ibu menyusui maupun sang bayi.

  • Sawo

Selama dalam masa menyusui, Anda akan kehilangan sejumlah kalori setiap sesi menyusui. Jadi tidak mengherankan jika Anda merasa sedikit lelah. Nah, untuk memulihkan kembali jumlah kalori di dalam tubuh (in a healthy way), Anda bisa menyertakan buah sawo ke dalam menu diet Anda. Selain kaya akan kalori, sawo juga kaya akan serat yang dapat membantu ibu merasa awet kenyang dan membantu mencegah konstipasi.

  • Aprikot

Selain memiliki rasa yang manis dan sangat lezat, aprikot juga memberikan manfaat untuk ibu menyusui dan bayi lho! Buah aprikot mengandung zat phytoestrogen, yang bermanfaat untuk membantu memicu hormon yang meningkatkan produksi ASI. Selain itu, buah aprikot juga mengandung kalsium, potasium, dan antioksidan seperti vitamin A dan C yang sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu menyusui dan bayi.

Demi melancarkan program ASI 6 bulan, yuk mulai memperbanyak konsumsi 4 macam buah untuk ibu menyusui di atas. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms!

author
No Response

Leave a reply "4 Macam Buah untuk Ibu Menyusui"