4 Penyebab Anda Tidak Kunjung Hamil

No comment 118 views

Bagi beberapa perempuan, conceiving atau hamil terlihat sangat mudah. Namun bagi perempuan lain, mereka harus mencoba belasan atau bahkan ratusan kali agar bisa hamil. Dan jika Anda termasuk salah satu dari mereka, bisa jadi Anda merasa tertekan. Tekanan tersebut tidak hanya berasal dari diri Anda saja, tetapi juga tekanan yang diberikan oleh keluarga dan teman-teman Anda. Sebenarnya selama Anda memiliki sistem reproduksi yang sehat, Anda memiliki kemungkinan hamil sebesar 25% di setiap siklus menstruasi. Sehingga jika Anda sampai saat ini belum dikaruniai oleh kehamilan, bisa jadi disebabkan oleh hal-hal berikut ini:
• Terlalu Banyak Berhubungan Seks
Salah satu misconception yang banyak beredar di masyarakat adalah, agar bisa segera punya anak maka Anda dan pasangan wajib sering berhubungan intim. Padahal, conceiving isn’t all about sex. Memang benar seks adalah satu-satunya cara untuk bereproduksi bagi manusia, tapi bukan berarti Anda bisa langsung asal hajar saja, Bun. Terlalu banyak berhubungan seks bisa mengakibatkan burnout atau rasa jenuh. Akibatnya ketika masa subur tiba, Anda dan pasangan justru ogah-ogahan dalam berhubungan intim.
• Terlalu Terbebani dengan Stres
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kondisi psikologis seorang perempuan yang tengah mencoba untuk hamil seringkali tidak stabil. Setiap kali usaha tersebut gagal, saat itulah rasa marah dan stres dalam diri Anda semakin menumpuk. Ketika Anda stres, keseimbangan hormon reproduksi di dalam tubuh Anda menjadi kacau. Dan ketidakseimbangan itulah yang kemudian bakal mempengaruhi kesuburan Anda.
• Kualitas Sperma yang Buruk
Masyarakat seringkali membebankan kehamilan terhadap pihak perempuan, padahal sebenarnya bisa saja lho masalah terletak pada kualitas sperma. Sperma bisa jadi gagal membuahi sel telur karena beberapa faktor, seperti pergerakan sperma yang lambat sehingga mengakibatkan sperma mati sebelum mencapai sel telur, atau karena jumlah sperma yang terlalu sedikit. Dan surprisingly, faktor ini merupakan sumber dari 30 hingga 40 persen masalah kesuburan.
• Gaya Hidup yang Buruk
Poin ini berlaku baik bagi Anda maupun bagi suami. Apabila salah satu atau malah kedua belah pihak memiliki kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, atau bahkan mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Minuman berkafein seperti kopi serta konsumsi processed food yang terlalu banyak juga bisa mengakibatkan penurunan kualitas sperma dan mengacaukan siklus ovulasi.
Semoga informasi di atas bisa memberikan clues sehingga Anda bisa merencanakan promil yang lebih efektif, Moms. Dan juga jangan lupa bahwa saling support antara suami dan istri sangatlah penting.

author
No Response

Leave a reply "4 Penyebab Anda Tidak Kunjung Hamil"