4 Tanda Bayi Siap MPASI

No comment 57 views

Salah satu perkembangan bayi yang paling ditunggu-tunggu oleh orangtua adalah saat si kecil sudah mulai masuk masa sapih dan mengkonsumsi makanan pengganti ASI atau MPASI. Anda mungkin sudah sering didesak oleh orangtua lain atau keluarga Anda sendiri untuk memberikan makanan utuh pada bayi segera setelah usia 6 bulan. Tapi, tahu sendiri kan kasus bayi yang meninggal akibat tersedak potongan buah pisang?

Memperkenalkan makanan padat pada bayi harus dilakukan secara perlahan-lahan, dan itupun Anda harus menanti hingga bayi siap untuk mengkonsumsi MPASI. Apa saja tanda bayi siap MPASI?

  • Bayi Sudah Bisa Menegakkan Kepalanya dalam Jangka Waktu yang Lama

Salah satu tanda bayi siap MPASI adalah, otot-otot lehernya sudah mulai bisa menopang kepalanya dengan sempurna. Posisi kepala dan leher dalam posisi tegak lurus, dan bayi sudah bisa menegakkan kepalanya tanpa bantuan.

  • Peningkatan Nafsu Makan

Katakanlah jika bayi Anda sudah diberi ASI sebanyak 6-8 kali tiap harinya, namun ia terlihat masih merasa lapar. Bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa si kecil sudah siap untuk diperkenalkan dengan jenis makanan semi-padat untuk memuaskan rasa laparnya. Namun, hati-hati Moms! Jangan hanya mengandalkan tanda ini saja, karena bisa saja ada faktor-faktor lain yang membuat bayi terlihat lapar terus-menerus. Pastikan bahwa paling tidak ada 2 atau 3 pertanda lain selain poin ini ya!

  • Bayi Sudah Mulai Tertarik dengan Makanan Anda

Ketika Anda menyantap makanan, bayi Anda mungkin terlihat terus-menerus memperhatikan atau bahkan mencoba meraih makanan Anda. Bayi juga sudah mulai bisa menunjukkan kontrol penuh terhadap otot rahang untuk membuka mulutnya, dan lebih ahli dalam mengendalikan gerak mulut, bibir, dan lidah mereka. Ketika Anda menawarkan makanan ke depan mulutnya, bayi sudah mulai bisa merespons dengan membuka mulut dan mulai terlihat gerakan mengoper makanan tersebut ke bagian belakang mulut dan menelannya.

  • Bayi Sudah Bisa Duduk Tegak

Untuk dapat mencerna makanan dengan baik, si kecil paling tidak harus bisa duduk tegak tanpa bantuan dari orangtuanya. Kebanyakan orangtua menggunakan high-chair untuk mendudukkan bayi mereka. Tapi jikapun bayi Anda tidak terlihat siap untuk duduk di atas high chair pun tidak masalah. Asalkan ia dapat duduk dengan tegak selama makan.

Demikianlah 4 tanda bayi siap MPASI. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Bunda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter anak untuk memastikan siap tidaknya si kecil untuk menyantap MPASI. Semoga bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "4 Tanda Bayi Siap MPASI"