4 Tips Agar Anak Disiplin

No comment 51 views

Tugas utama orangtua tidak hanya berhenti di saat tengah mengandung hingga melahirkan anak. Ada banyak sekali tanggung jawab yang dipikul bagi setiap orangtua, dan itu wajib diperhitungkan bagi siapapun yang ingin memiliki keturunan. Salah satunya adalah memastikan agar anak tumbuh menjadi seorang individu dengan budi pekerti yang baik dan disiplin. Banyak orangtua mengaitkan mendisiplinkan anak dengan tindakan otoriter dan kaku sehingga mengakibatkan orangtua bersikap terlalu keras terhadap anak atau bahkan menolak karena merasa kasihan dan cenderung memanjakan anak. Mendisiplinkan anak dengan tindakan kekerasan sudah terbukti tidak efektif, apalagi jika Anda tidak menanamkan nilai kedisiplinan pada anak sejak dini. Lalu apa sajakah tips agar anak disiplin?

  • Jangan Hanya Katakan “Jangan”

Salah satu tips agar anak disiplin yang pertama adalah, dengan menempatkan prioritas. Sangatlah mudah bagi orangtua untuk mengatakan “jangan!” tanpa follow-up dengan contoh tindakan yang seharusnya dilakukan anak mereka. Misalnya, jika anak Anda cenderung membiarkan alat-alat permainannya berserakan sebelum ia tidur siang, maka perintahkan ia untuk membersihkan kamar dan membereskan mainannya setelah ia bangun dari tidur siang. Jangan lupa untuk memberikan pujian jika ia menyelesaikan tugasnya dengan baik.

  • Orangtua Harus Konsisten

Ya, Anda harus menunjukkan reaksi yang konsisten untuk mendisiplinkan anak Anda. Terutama pada anak berusia 2 dan 3 tahun, yang mana mereka sebenarnya tengah mengamati reaksi Anda. Mereka juga dalam tahap belajar sehingga satu kali larangan saja tidak akan cukup mendisiplinkan mereka. Anda perlu secara konsisten menunjukkan reaksi yang sama ketika mereka berlari-lari di dalam rumah atau meloncat-loncat di sofa di sebuah rumah makan misalnya.

  • Berikan Time-Out

Ketika anak Anda terus-menerus bertingkah terlepas dari peringatan Anda, saatnya menyetrap ia sebagai bentuk hukuman. Perintahkan anak untuk berdiri di salah satu sisi pojok rumah dalam waktu 3 atau mungkin 5 menit, bergantung dari tingkat kenakalan mereka. Jangan lupa nyalakan perangkat timer di pojok ruangan tersebut. Setelah waktu timeout selesai, panggil dan minta dia untuk meminta maaf. Jangan lupa untuk memintanya memperbaiki kesalahan dan tidak mengulanginya lagi.

  • Tetap Tenang

Yap, tetaplah tenang dan jaga emosi Anda. Karena harus diakui, mendisiplinkan anak bisa menguras emosi Anda. Tapi walaupun ingin hati Anda berteriak atau menghardik mereka, ingatlah bahwa jika Anda melakukannya anak Anda hanya akan merasa takut pada Anda bukan menyadari kesalahan mereka. Ketika Anda merasa emosi Anda memuncak, tariklah napas dalam-dalam dan bicaralah pada anak Anda dengan suara yang tenang namun tegas. Nada bicara seperti itu jauh lebih ampuh dibandingkan dengan berteriak-teriak.

Semoga 4 tips agar anak disiplin di atas bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "4 Tips Agar Anak Disiplin"