5 Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk Cegah Anak Telat Bicara

Speech development atau kemampuan bicara bayi biasanya mulai terlihat saat ia berusia 8-10 bulan. Di usia tersebut ia sudah mulai bisa babbling atau mengucapkan kata-kata sederhana dan tidak memiliki makna seperti ba-ba, ma-ma, dan pa-pa. Kemampuannya dalam memahami dan mengucapkan kata makin berkembang hingga di usia 15 bulan ia sudah mulai bisa merangkai beberapa kata menjadi kalimat pendek. Tapi tak jarang anak Anda tidak menunjukkan perkembangan sesuai dengan rentang waktu di atas dan membuat Anda cemas. Bagaimana ya cara mencegah anak telat bicara?

Yang pertama harus diketahui adalah, setiap anak sebenarnya memiliki timing sendiri-sendiri.  Hanya karena anak telat bicara bukan berarti ia menderita autisme atau keterbelakangan mental. Bisa jadi walaupun speech development-nya lambat, ia justru berkembang sangat baik dalam segi motorik. Ada kalanya anak Anda sebenarnya memahami apa yang Anda sampaikan, namun ia mengalami kesulitan dalam mengekspresikannya melalui kata-kata Selain itu faktor lingkungan sebenarnya sangat berpengaruh terhadap cepat-tidaknya anak Anda belajar berbicara. Anak yang dibesarkan di lingkungan yang mana orang-orang sekelilingnya sering mengajaknya bicara akan jauh lebih cepat belajar bicara. Dan inilah hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu perkembangan lisannya.

  • Terus Ajak Ia Berbicara

Ketika Anda akan melakukan sesuatu di hadapannya, maka Anda bisa memberikan deskripsi sederhana padanya akan apa yang Anda lakukan. Misalnya ketika Anda sedang menata meja, Anda bisa mengatakan “Ibu sekarang sedang menata meja makan. Ini adalah piring makan berwarna putih. Ini sendok dan garpu makan. Ini gelas Adek berwarna merah”.

  • Menyanyi Dengannya

Tak hanya memperdengarkan lagu anak-anak padanya, Anda juga bisa turut menyanyikannya. Anak Anda pun pasti akan lebih bisa menangkap dan mengingat kata-kata yang Anda ucapkan melalui cara yang menyenangkan ini.

  • Ajak Anak Bersosialisasi Dengan Teman-Temannya

Anak-anak balita jaman sekarang terlalu sering terekspos dengan alat permainan gadget. Alat permainan gadget hanyalah seperangkat mesin yang tidak dapat berinteraksi dengan si kecil. Sebaliknya, bermain dengan teman-teman sebayanya akan sangat membantu dalam mengembangkan kemampuan berbicaranya. Tak hanya itu, kemampuan sosialisasi anak pun akan turut terasah.

  • Perkaya Pemahaman Kosakatanya

Semakin banyak kosakata yang dipelajari anak, maka akan semakin cepat pula kemampuannya dalam merangkai kata yang tepat. Tidak perlu muluk-muluk, Anda bisa menunjuk dan menjelaskan secara singkat padanya tentang obyek tersebut.

  • Jangan Mengkritik atau Mengejek Pelafalannya

Remember Moms, anak Anda masih belajar mengucapkan kata-kata. Jadi sama sekali tak mengherankan jika ia masih membuat kesalahan pelafalan atau penempatan kata. Dan selucu apapun kedengarannya, jadilah pendengar dan pendidik yang baik dengan tidak menertawakannya. Bahkan ketika ia terlihat struggling dalam menyusun kata-kata, tetaplah sabar dengan membimbingnya.

Selamat mempraktekkan tips cegah anak telat bicara di atas, Bun.

author
No Response

Leave a reply "5 Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk Cegah Anak Telat Bicara"