Aduh! Ini Alasan Bayi Gigit Puting Payudara

Salah satu permasalahan klasik yang paling sering dialami oleh para ibu menyusui adalah ketika si kecil menggigit puting payudara Anda. Tentunya hal tersebut momen menyusui yang seharusnya jadi momen bonding antara ibu dan anak jadi membuat ibu merasa tidak nyaman. Gigitan bayi pada daerah puting juga bisa mengakibatkan puting menjadi lecet, sehingga tak mustahil jika ibu sampai merasa enggan untuk menyusui si kecil. Sebenarnya, apa sih alasan bayi gigit puting payudara?

  • Tumbuh gigi

Alasan bayi gigit puting payudara bisa jadi disebabkan karena giginya yang sedang tumbuh. Saat gigi bayi mulai tumbuh, gusinya seringkali menjadi bengkak dan sakit. Nah, untuk meredakan rasa sakit tersebut biasanya si kecil akan menggigit obyek apapun yang ada di sekitarnya, tak terkecuali puting payudara Anda. Perilaku bayi yang gemar menggigit saat tumbuh gigi disebut dengan teething.

  • Tanda kasih sayang

Saat ia menggigit puting payudara Anda, bisa jadi itu adalah bahasa ia untuk mengkomunikasikan kasih sayang. Di usianya yang masih sangat muda, ia tentu masih belum memahami bahasa manusia, dan belum dapat berbicara dengan bahasa lisan untuk mengkomunikasikan rasa sayangnya. Gigitan tersebut biasanya tidak sampai menyakiti Anda, walaupun ada kalanya ia terlalu berlebihan sehingga melukai puting Anda.

Lalu, setelah tahu penyebabnya, bagaimana cara mengatasi bayi yang terus menerus menggigit puting?

  • Dorong Bayi ke Arah Anda

Reaksi alami yang Bunda tunjukkan saat si kecil menggigit Anda adalah dengan menariknya menjauhi puting. Tapi dengan cara itu, si bayi bisa jadi semakin keras dalam menggigit puting Anda dan mengakibatkan puting menjadi lecet. Sebaliknya, coba dekatkan si kecil ke arah payudara Anda. Gerakan tersebut akan menekan hidung si kecil sehingga ia terpaksa membuka mulutnya untuk bernapas.

  • Pelajari Timing yang Tepat untuk Berhenti Menyusui

Biasanya bayi akan mulai menggigit payudara Anda saat sesi menyusui hampir usai. Saat itu ia biasanya sudah cukup kenyang dan hanya ingin bermain-main dengan menggigit puting Anda. Jadi, begitu intensitas menyusuinya semakin jarang segera pisahkan si kecil dari payudara Anda dengan hati-hati.

  • Beri Finger Food

Biasanya gigitan bayi akan mulai terasa menyakitkan ketika ia sudah memasuki usia MPASI. Dengan kata lain, Anda sudah bisa memberikannya finger food. Saat si kecil mulai menggigit puting payudara Anda, segera sisipkan irisan finger food di sela-sela antara payudara dan mulut si kecil. Biarkan ia memuaskan keinginan menggigitnya dengan menggigiti finger food tersebut.

Semoga informasi tentang alasan sekaligus tips mengatasi bayi gigit puting payudara di atas bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Aduh! Ini Alasan Bayi Gigit Puting Payudara"