Agar Anak Tumbuh Cerdas, Ketahui Jenis Vitamin Otak Ini

natural-and-heatlhy-food

Moms, memiliki anak cerdas dengan prestasi gemilang tentunya menjadi impian dari semua orangtua. Sehingga tidak mengherankan jika banyak orangtua yang berusaha memberikan makanan yang bergizi dan bernutrisi untuk membantu meningkatkan kecerdasan anak sedini mungkin. Salah satu cara untuk mendukung perkembangan anak yang optimal, anak Anda membutuhkan asupan vitamin tertentu. Nah, vitamin otak jenis apa sajakah yang diperlukan oleh anak Anda?
• Vitamin E
Salah satu vitamin yang juga memiliki fungsi sebagai vitamin otak adalah vitamin E. Vitamin E adalah vitamin yang diketahui memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Tapi ternyata vitamin ini juga bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak Anda.

Vitamin E merupakan salah satu jenis zat antioksidan yang sangat berguna untuk membantu merawat kesehatan otak. Dengan otak yang terawat maka daya ingat anak akan menjadi semakin kuat. Hal tersebut tentunya sangat berguna bagi anak saat ia duduk di bangku sekolah nantinya.Anak Anda bisa mendapatkan asupan vitamin E ini dari makanan alami seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, serta minyak bunga matahari.
• Vitamin B
Vitamin B juga merupakan zat vitamin yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Sama seperti vitamin E, vitamin B memiliki peranan penting dalam perawatan sel-sel otak sehingga kerja otak dalam menyimpan informasi pun makin optimal. Untuk mendapatkan kebaikan dari vitamin B ini, hidangkan makanan olahan daging, telur, serta sayuran berdaun hijau seperti daun bayam.
• Vitamin B-12
Vitamin B-12 merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks yang krusial bagi pertumbuhan otak. Kekurangan vitamin B-12 dapat berakibat pada kerusakan syaraf otak, menurunnya kapasitas daya ingat otak, dan yang terakhir anak bisa jadi menderita keterbelakangan mental.

Peran vitamin B-12 dalam perawatan sel-sel otak dikaitkan dengan pembentukan mylein, yaitu suatu zat yang bertugas untuk membentuk lapisan di daerah serat syaraf. Untuk mendapatkan asupan vitamin B12 yang cukup, anak perlu mengkonsumsi produk hewani, yaitu daging sapi, daging kambing, atau daging domba.
• Vitamin B-6
Jenis vitamin otak yang terakhir adalah vitamin B-6. Vitamin B-6 berperan besar dalam perkembangan otak anak. Fungsi dari vitamin B-6 adalah sebagai neuro-transmitter yaitu pengirim pesan dari satu syaraf otak ke bagian otak yang lain. Vitamin ini terdapat pada jenis umbi-umbian seperti wortel, kacang-kacangan, serta biji bunga matahari.

author
No Response

Leave a reply "Agar Anak Tumbuh Cerdas, Ketahui Jenis Vitamin Otak Ini"