Alami Anemia Saat Hamil ? Ini Solusi untuk Mengatasinya!

Katalogibu – Anemia adalah berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah. Anemia bisa terjadi pada siapa saja termasuk pada ibu hamil. Anemia pada ibu hamil adalah salah satu risiko yang harus diwasapadai karena dapat berpengaruh pada kesehatan ibu dan janin. Tak hanya itu, jika anemia terjadi pada ibu hamil dan tidak ditangani dengan benar dapat berisiko komplikasi berbahaya seperti persalinan premature, dan dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat dibawah rata-rata. Pada sisi ibu anemia dapat memicu adanya depresi persalinan.

Gejala anemia pada ibu hamil seringkali mirip dengan gejala kehamilan pada umumnya. Untuk anemia ringan memiliki kemungkinan tidak menimbulkan gejala yang jelas. Namun, jika Bunda merasakan cepat lelah dan merasa lemah, serta tampak pucat disertai denyut jantung tidak teratur dan sesak napas maka segeralah mengambil tindakan atau pergi ke dokter untuk dilakukan tes darah, karena itu menandakan anemia yang meningkat.

Anemia pada ibu hamil dapat diatasi dengan mengonsumsi suplemen zat besi seperti ferrous sulphate yang umum diberikan untuk dua hingga tiga kali sehari oleh dokter. Namun, sebagian orang akan mengalami efek samping seperti nyeri ulu hati, mual, dan tinja berwarna gelap. Jika efek samping ini dialami oleh Bunda maka segeralah konsultasi pada dokter. Bunda juga dapat menambah kandungan zat besi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi seperti ikan, daging merah, ayam, sayur berwarna hijau gelap, kacang-kacangan, biji-bijian, telur dan tahu. Dan tak hanya mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi saja, Bunda sebaiknya mengurangi mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh.

Untuk menambah tubuh menyerap zat besi secara maksimal, dianjurkan untuk mengonsumsi asupan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, stroberi, kiwi dan tomat. Konsumsi asupan yang mengandung zat besi dan vitamin c untuk mendapatkan asupan yang optimal. Jangan pernah meremehkan penyakit yang satu ini saat Bunda sedang hamil, karena dapat mengganggu kerehatan dan pertumbuhan janin dan ibunya. Sebaiknya rajinlah berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda tentang apapun ganggungan yang Bunda alami saat hamil untuk menghindari hal-hal yang bisa berakibat buruk pada janin dan ibunya. Seperti menjalani pemeriksaan zat besi dengan tes darah jika Bunda mengalami gejala-gejala diatas. Semoga tips mengatasi anemia pada ibu hamil diatas dapat membantu dan bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Alami Anemia Saat Hamil ? Ini Solusi untuk Mengatasinya!"