Alasan di Balik Menyusui Mencegah Kanker Payudara

Ada banyak sekali manfaat menyusui, dan itupun tak hanya terbatas pada manfaat yang didapatkan oleh janin. Salah satu manfaat menyusui yang paling terkenal adalah bahwa menyusui mencegah kanker payudara. Bunda pastinya sudah sering sekali membaca bahwa menyusui bisa membantu mencegah ibu hamil terkena kanker payudara kan? Tapi pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Sampai sekarang sudah paling tidak ada 4 penelitian yang menyatakan bahwa memang benar menyusui mencegah kanker payudara. Penelitian pertama dimuat dalam jurnal kedokteran The Lancet di tahun 2002. Dalam penelitian tersebut dinyatakan bahwa dengan menyusui selama paling tidak 12 bulan dapat membantu menurunkan resiko kanker payudara hingga 4.3 persen. Selain itu di tahun 2009, sebuah jurnal kedokteran Archives of Internal Medicine memuat penemuan bahwa lebih dari 60.000 perempuan yang pernah menyusui memiliki resiko terkena kanker payudara sebelum menopause sebanyak 60 persen, terlepas dari latar belakang keluarga mereka memiliki riwayat kanker payudara.2 penelitian lainnya dengan sumber berbeda pun menunjukkan hal yang sama.

Bagaimana itu bisa terjadi? Kenyataannya, sampai saat ini para peneliti masih belum terlalu memahami bagaimana menyusui bisa memegang peranan terhadap penurunan resiko kanker. Hanya saja, ada beberapa pendapat bahwa ketika ibu menyusui level hormon estrogen di dalam tubuhnya pun akan tetap berada dalam kadar yang terkendali. Hormon estrogen adalah hormon kewanitaan yang ternyata juga dapat mengakibatkan terpicunya pertumbuhan sel-sel kanker jenis tertentu. Kadar estrogen yang rendah paling tidak dapat membantu mengurangi resiko seorang perempuan terkena kanker.

Alasan kedua adalah karena kebanyakan ibu menyusui memiliki gaya hidup yang sehat. Tentu saja alasan satu ini masuk akal. Semua makanan yang Anda konsumsi nantinya akan diubah oleh tubuh Anda menjadi ASI, dan sudah pasti agar ASI Anda berkualitas Anda perlu mengkonsumsi makan makanan sehat. Ibu menyusui juga biasanya menghindari konsumsi minuman beralkohol, tidak merokok sehingga paparan zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh pun semakin berkurang.

Lalu, Bagaimana Jika Anda Tidak Dapat Menyusui?

Ada banyak alasan yang mengakibatkan seorang ibu tidak dapat menyusui anaknya, seperti mungkin ia dalam masa pengobatan atau menderita HIV. Anda tidak perlu khawatir bahwa jika tidak menyusui maka secara otomatis akan terkena kanker payudara.

Karena sebenarnya langkah pencegahan kanker adalah mengadopsi gaya hidup sehat dengan mengurangi konsumsi daging merah, susu sapi, minuman beralkohol, tidak merokok, serta rajin berolahraga. Jadi walaupun memang menyusui mencegah kanker payudara, mengatur gaya hidup sehat jauh lebih penting dan ampuh.

author
No Response

Leave a reply "Alasan di Balik Menyusui Mencegah Kanker Payudara"