Alasan Kenapa Anda Perlu Tahu Jarak Ideal Kehamilan

Segera setelah bayi pertama Anda tumbuh besar, kebanyakan orangtua akan langsung mempertimbangkan untuk memiliki anak kedua. Alasannya, mereka ingin agar anak pertama mereka mendapatkan teman bermain dan berinteraksi sehingga ia tidak kesepian. Bisa juga karena alasan ibu yang sentimental, yaitu ingin merasakan hamil dan mengasuh bayi kembali. Jadi jangan heran jika banyak keluarga yang memiliki dua atau tiga anak dengan rentang waktu yang berdekatan, yaitu sekitar satu hingga dua tahun. Dan walaupun memiliki anak satu atau dua, atau bahkan sepuluh adalah hak orangtua, tetap saja ada baiknya Anda mempertimbangkan jarak ideal kehamilan.

Tenaga kedokteran banyak yang percaya bahwa memperhitungkan jarak ideal kehamilan sebelum hamil lagi dapat menguntungkan ibu dan anak. Untuk lebih jelasnya, simak yuk alasan kenapa Anda wajib memperhitungkan jarak ideal kehamilan.

  • Pemulihan Organ Reproduksi Ibu

Penyebab kenapa Anda tidak terlalu disarankan untuk memulai program hamil kembali dalam waktu satu tahun adalah, karena organ reproduksi Anda belum sepenuhnya pulih dan siap menampung anak kedua. Rahim dan organ vital yang lainnya membutuhkan waktu pemulihan total paling tidak 2 tahun.

Sedangkan untuk memulihkan nutrisi yang terambil selama periode kehamilan dan masa menyusui 6 bulan, tubuh membutuhkan waktu tambahan sebanyak 2 tahun. Sehingga jika ditilik dari segi medis, waktu yang paling ideal bagi Anda untuk mencoba hamil lagi adalah 4 tahun.

  • Kondisi Psikologis Anak

Peristiwa anak pertama yang cemburu dan memusuhi adiknya memang bukan peristiwa yang langka. Itulah kenapa banyak ahli psikologi yang menyarankan Anda untuk memberikan jarak paling tidak 4 tahun setelah anak pertama Anda lahir.

Pada masa itu, sang kakak sudah mendapatkan cukup perhatian sehingga ketika adik keduanya lahir ia tidak perlu lagi merasa harus berebut perhatian orangtuanya. Anda juga bisa melatih insting sang kakak dengan melibatkannya dalam merawat adiknya. Sang kakak juga pastinya jadi jauh lebih dewasa dan bisa diandalkan dalam mengasuh adiknya selama Anda pergi ke kantor atau sedang sibuk di dapur.

  • Kondisi Finansial

“Banyak anak banyak rejeki”, prinsip itulah yang paling banyak dianut oleh orangtua atau calon orangtua di Indonesia. Tapi harus kita akui, children are expensive. Mulai dari Anda hamil hingga melahirkan, serta biaya perawatan dan pastinya biaya edukasi nantinya, semuanya membutuhkan uang yang jumlahnya tidak sedikit.

Semakin dekat jarak antara kelahiran satu anak dengan lainnya berarti biaya pengeluaran Anda pun menjadi dua kali lipat. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk memiliki anak lagi dalam waktu yang dekat, sebaiknya pertimbangkan hal ini lebih matang lagi.

Itulah kenapa mempertimbangkan jarak ideal kehamilan sangatlah penting. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Alasan Kenapa Anda Perlu Tahu Jarak Ideal Kehamilan"