Alasan Mengapa Perempuan Jadi Pelupa Saat Hamil

Saat Anda memasuki masa kehamilan, tubuh Anda akan mulai dipengaruhi dengan fluktuasi hormon progesteron dan estrogen. Pergolakan hormon tersebut tak jarang mengakibatkan Bunda mengalami berbagai macam gejala kehamilan, seperti morning sickness atau bahkan mood swings. Dan seakan belum cukup, Anda pun jadi mudah sekali lupa. Dan Anda tidak sendirian, Moms. Kejadian ibu mendadak jadi pelupa selama hamil ternyata juga dialami oleh banyak ibu hamil. Sebenarnya, apa sih alasan Anda jadi pelupa saat hamil?

Banyak orang mengira kalau kehamilan adalah satu-satunya faktor yang mengakibatkan seorang perempuan jadi pelupa saat hamil. Tapi kenyataannya, kehamilan itu sendiri bukan penyebabnya. Para peneliti medis curiga bahwa kemungkinan besar yang mengakibatkan Anda jadi mudah lupa adalah akibat gejala kehamilan atau pengaruh hormon kehamilan yang terjadi sejak trimester pertama.

Salah satunya adalah morning sickness. Apabila terlalu banyak makanan yang Anda muntahkan sedangkan asupan yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit, tak mengherankan jika Anda jadi kesulitan dalam berkonsentrasi. Sehingga akibatnya otak Anda tidak dapat memproses dan menyimpan informasi didapatkan dengan maksimal.

Penyebab lainnya bisa jadi disebabkan karena Anda menderita insomnia. Insomnia bisa saja terjadi pada ibu yang mengalami morning sickness yang sering muncul di malam hari saat Anda tidur. Anda juga bisa kesulitan tidur akibat mengalami stres. Jika hal tersebut terus berlanjut, tak heran jika Moms jadi gampang bad mood hingga mempengaruhi daya ingat Anda. Overthinking juga bisa mengakibatkan otak Anda menjadi lesu sehingga menganggu proses penyimpanan informasi lho.

Lalu, ada yang bisa dilakukan untuk mencegah agar Anda tak gampang lupa selama hamil? Ya, ada! Jika penyebab Anda lupa adalah karena morning sickness, pastikan bahwa asupan makanan Anda tetap terjaga. Caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan porsi yang kecil tapi sering dan menghindari makanan dengan cita rasa tajam dan pedas.

Tips kedua adalah, jaga pola tidur Anda. Anda membutuhkan waktu tidur ideal sebanyak 7-8 jam sehari. Atau jika memungkinkan, biasakan untuk beristirahat di siang hari. Dengan demikian, pikiran Anda pun akan jadi lebih jernih dan kemampuan otak dalam menyerap informasi pun semakin sempurna.

Untuk menghindari ketidakseimbangan mood selama hamil, cobalah untuk berolahraga. Dan karena Anda tengah dalam keadaan hamil, pilihlah jenis olahraga ringan dan rileks seperti berenang, yoga, atau berjalan-jalan santai. Mood yang baik akan membantu memperlancar kerja otak dalam menyerap informasi.

Jadi, sudah tahu kan penyebab dan solusi jika Anda jadi pelupa saat hamil?

author
No Response

Leave a reply "Alasan Mengapa Perempuan Jadi Pelupa Saat Hamil"