Awas! Ini Bahaya Mencium Bayi Baru Lahir

Salah satu reaksi yang lazim dilakukan oleh seorang ibu saat melihat buah hatinya yang baru saja lahir adalah menciuminya. Mencium bayi merupakan simbol dari perasaan penuh syukur serta cara mengekspresikan rasa cinta dan gemas yang ingin Anda tunjukkan pada si kecil. Dan walaupun keinginan untuk mencium si kecil sangat bisa dipahami, ada baiknya Anda mengurungkan hal tersebut. Karena ternyata mencium bayi dapat memberikan dampak yang buruk terhadap bayi Anda. Segawat apakah bahaya mencium bayi baru lahir? 

  • Infeksi IPD 

Dan jawabannya adalah sangat gawat. Sistem kekebalan tubuh bayi yang baru lahir baru saja berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan di luar rahim. Sehingga salah satu bahaya mencium bayi baru lahir adalah infeksi penyakit, salah satunya adalah IPD (Invasive Pneumococcal Disease). 

 

IPD adalah kelompok penyakit yang menyerang sistem pernapasan (pneumokokus), infeksi darah, hingga radang selaput otak atau meningitis. Penyakit ini terbilang cukup fatal karena hampir 50 persen bayi dan balita yang terserang infeksi IPD ini tidak terselamatkan.  

  • Infeksi Virus Flu 

Kebiasaan menciumi bayi yang baru lahir juga bisa mengakibatkan si kecil terserang flu. Dan walaupun Anda saat ini tidak sedang terserang flu, bisa jadi anak Anda terkena infeksi flu setelah kerabat keluarga Anda berkunjung ke rumah dan menciuminya. Dengan sistem imun yang masih sangat rendah, tubuh bayi belum tentu kuat dalam memerangi virus flu yang masuk ke dalam tubuhnya. Jadi buang jauh-jauh perasaan segan dan larang siapapun yang berkunjung ke rumah untuk menciumi bayi Anda. 

  • Infeksi CMV 

CMV atau Cytomegalovirus adalah common virus serupa dengan virus flu. Pada orang dengan daya kekebalan tubuh yang tinggi, CMV tidak berbahaya dan akan sembuh dengan sendirinya sehingga kebanyakan orang bahkan tidak sadar bahwa ia terjangkit virus ini. Namun jika virus tersebut menyerang orang-orang dengan daya kekebalan tubuh seperti bayi, maka dampak dari penyakit ini bisa menjadi fatal. SI kecil bisa terserang infeksi pernapasan pneumonia, hepatitis, atau munculnya ruam merah yang sangat gatal.  

Jadi, Moms sudah tahu kan bahaya mencium bayi baru lahir? Selain menahan diri dan melarang orang lain untuk tidak mencium bayi Anda, Moms juga wajib membatasi jumlah pengunjung yang bisa mengunjungi Anda dan si kecil. Dan juga jangan lupa untuk menghindari membawa si kecil ke tempat-tempat ramai sebelum ia berusia beberapa bulan.   

author
No Response

Leave a reply "Awas! Ini Bahaya Mencium Bayi Baru Lahir"