Awas! Jangan Beri Bayi Anda 3 Makanan Ini

Masa menyusui 6 bulan telah sukses dilalui, dan kini bayi Anda mulai siap untuk diperkenalkan dengan makanan semi-padat (MPASI). Makanan MPASI umumnya berupa puree nasi atau ubi yang dicampur dengan sayuran atau jus buah homemade. Bayi Anda juga mulai bisa diperkenalkan dengan finger food yang terbuat dari sayuran seperti wortel atau keju. Tapi ternyata tidak semua makanan aman diberikan untuk si kecil lho, Moms. Bahkan banyak di antara makanan-makanan bahaya tersebut yang bagus untuk kesehatan dan terlihat aman. Wah, wajib lebih waspada nih! Simak yuk ulasan tentang makanan apa saja sih yang tidak boleh diberikan pada bayi Anda.

  • Madu

Madu bagi orang dewasa adalah pengganti pemanis gula pasir yang lebih alami dan memiliki ribuan manfaat untuk kesehatan. Tapi bagi bayi, madu dapat mengakibatkan keracunan. Di dalam madu terdapat jenis spora yaitu Clostridium Botulinum. Spora tersebut dapat berkembang ratusan kali di dalam usus bayi, dan mengakibatkan gejala penyakit Infant Botulism.

Kejadian Infant Botulism tergolong langka, tapi resiko dari penyakit ini tidak bisa dianggap remeh. Infant Botulism mengakibatkan bayi mengalami konstipasi, lemas, hingga kesulitan menyusui. Jika dibiarkan saja, penyakit ini bisa mengakibatkan komplikasi organ serius yang dapat mengancam nyawa si kecil.

  • Susu Sapi

Walaupun bayi Anda sudah mulai memasuki masa MPASI, pemberian ASI atau paling tidak susu formula masih diwajibkan. Tapi, jangan pernah memberi si kecil susu sapi murni atau bahkan susu kedelai sekalipun. Organ ginjal dan pencernaan bayi masih belum mampu mencerna kandungan laktosa dan mineral yang ada di dalam susu tersebut. As a result, organ ginjal bayi bisa jadi rusak, dan pada bayi yang memiliki kecenderungan alergi maupun intoleransi terhadap laktosa bisa mengakibatkan reaksi alergi atau diare.

  • Beberapa Jenis Sayuran

In general, sayuran merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh bayi Anda. Jadi menambahkan puree sayur dalam menu MPASI bayi Anda sangat direkomendasikan. Tapi ada beberapa jenis sayur yang bisa membahayakan bayi Anda. Buah beet, bayam, selada, adas, dan sawi jenis Collard Greens memiliki kandungan nitrat yang terlalu tinggi untuk pencernaan bayi Anda.

Bayi di bawah umur 1 tahun masih belum memiliki cukup asam lambung yang cukup memecah asam nitrat tersebut. Kandungan nitrat yang terlalu tinggi di dalam tubuh bayi bisa mengakibatkan Baby Blue Syndrome, yaitu gangguan pada sistem pengangkutan oksigen oleh darah. Kurangnya pasokan oksigen tidak hanya berpotensi merusak jantung bayi, tapi juga organ-organ vital lainnya.

Terutama berhati-hatilah dengan makanan yang mengandung zat alergen selain susu, seperti kacang-kacangan dan ikan laut. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, Moms.

 

author
No Response

Leave a reply "Awas! Jangan Beri Bayi Anda 3 Makanan Ini"