Awasi Gejala Sekaligus Penyebab Cacingan pada Anak

Cacingan adalah satu jenis penyakit yang paling umum dialami oleh anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh adanya parasit cacing yang tumbuh dan berkembang biak di dalam perut anak. Cacing yang sering menyerang sistem pencernaan anak-anak umumnya adalah jenis cacing pita, cacing kremi, dan cacing tambang. Begitu masuk ke dalam sistem pencernaan anak, cacing-cacing tersebut akan menyerap nutrisi makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh sehingga mengakibatkan anak terkena malnutrisi. Apa saja gejalanya? Dan juga apa penyebab cacingan pada anak yang wajib diwaspadai?

Gejala  Penyakit Cacingan

Sebelum membahas penyebab cacingan pada anak, ada baiknya kita bahas gejala cacingan terlebih dulu. Gejala penyakit cacingan antara lain:

  • Cacingan adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan anak, sehingga anak yang menderita cacingan biasanya sering mengeluhkan perutnya yang sakit
  • Selain itu, anak juga jadi rewel karena ia merasakan gatal di bagian sekitar anus. Gatal-gatal tersebut disebabkan oleh aktivitas bertelur oleh cacing kremi
  • Salah satu nutrisi makanan yang diserap oleh cacing di dalam perut adalah zat besi yang ada di dalam darah. Berkurangnya zat besi di dalam darah mengakibatkan pendistribusian oksigen ke organ tubuh anak tidak maksimal. Anak pun menunjukkan gejala-gejala anemia seperti lemas, mudah lelah, dan warna kulit terlihat pucat. Nafsu anak pun terlihat berkurang drastis
  • Satu gejala dari penyakit cacingan yang paling kentara adalah tubuh anak yang menjadi kurus dengan hanya bagian perut saja yang membuncit.

Penyebab Penyakit Cacingan

Yang memprihatinkan adalah masih banyak anak-anak penderita cacingan yang ada di Indonesia. Gara-gara masih banyak orangtua yang belum mengetahui apa saja hal yang bisa menyebabkan cacingan. Beberapa penyebab sakit cacingan yaitu:

  • Makanan yang terkontaminasi telur cacing, seperti pada daging sapi atau pada sayuran mentah
  • Makanan yang tidak melalui proses memasak yang baik dan benar
  • Anak langsung makan makanan tanpa mencuci tangan setelah bermain di luar
  • Kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan organ pembuangan anak

Untungnya cacing-cacing tersebut dapat dibunuh dan dikeluarkan dari sistem pencernaan anak dengan pemberian obat cacing sesuai dengan anjuran dokter. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan kebersihan makanan yang Anda hidangkan pada si kecil. Jangan lupa juga untuk mengajarkan kedisiplinan menjaga kebersihan tubuh, seperti selalu mencuci tangan sebelum makan dan cara membersihkan anus dan organ kelamin anak dengan benar. Dengan mengetahui penyebab cacingan pada anak, kita jadi lebih tahu cara mencegah cacingan untuk generasi Indonesia yang lebih sehat. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Awasi Gejala Sekaligus Penyebab Cacingan pada Anak"