Ayunan Nyaman dan Aman untuk Bayi? Begini Memilihnya!

Ayunan Nyaman dan Aman untuk Bayi? Begini Memilihnya!

Ayunan bayi – Bagi seorang ibu baru merawat bayi merupakan kegiatan yang gampang – gampang susah, bagaimana tidak? memerlukan banyak pengetahuan yang sebelumnya tidak didapatkan sewaktu sekolah bukan perkara yang mudah. Apalagi jika bayi sedang rewel tentu akan membuat ibu bingung bagaimana cara menenangkannya. Salah satu hal ampuh yang dapat menenangkan bayi ketika rewel yaitu dengan menaruhnya pada ayunan bayi.

Dengan menggunakan ayunan bayi ini kegiatan rumah tangga akan terbantu, karena Anda bisa meletakan bayi pada ayunan tersebut sambil Anda menyelesaikan pekerjaan rumah. Namun perlu Anda ketahui bahwa memilih ayunan bayi harus berhati – hati karena jika salah memilih ayunan akan membuat bayi tidak nyaman bahkan dapat menyebabkan penyakit pada bayi.

Ketika memilih ayunan bayi jangan melupakan keamanan sekaligus kenyamanan bayi, bagaimana cara memilih ayunan yang nyaman dan nyaman untuk bayi? Berikut tipsnya untuk Anda.

Cara memilih ayunan bayi yang aman dan nyaman

1. Ketika memilih ayunan bayi perhatikan bagian alas ayuanan, pilihlah ayunan dengan alas yang datar karena tulang – tulang bayi masih sangat muda dan mudah terbentuk jadi ketika Anda memilih alas yang tidak tepat dapat menyebabkan tulang bayi bengkok mengikuti bentuk alas ayunan tersebut. Hindari menggunakan ayunan tradisional karena hanya berupa kain yang mengakibatkan struktur tulang bayi berubah.

2. Pilihlah ayunan yang pas dengan ukuran bayi, hal ini menghindarkan bayi terpelanting pada saat diayunkan. Ayunan yang pas dengan ukuran bayi akan membuat bayi tetap statis pada posisinya. Untuk pembatas ayunan jangan memilih yang berbahan kayu ataupun besi hal ini menghindarkan bayi dari benturan, jadi Anda bisa memilih pembatas dengan bahan yang lunak.

3. Carilah ayunan yang memiliki sabuk pengaman, karena sabuk pengaman merupakan piranti tambahan untuk menjaga bayi ketika diayun. Apalagi jika Anda mempunyai anak yang aktif, maka sabuk pengaman ini sangat dibutuhkan.

4. Jangan memilih ayunan yang terlalu tinggi untuk menghindari bayi jatuh dari ayunan ketika diayunkan.

5. Sesuaikan berat badan bayi dengan ayunan tersebut, biasanya ayunan memiliki batasan 12 hingga 15 kg. Namun untuk lebih amannya ayunan digunakan untuk bayi yang berbobot 7,5 hingga 12 kg.

6. Perhatikan kenyamanan bayi, ayunan yang membuat bayi nyaman yaitu ayunan dengan model kursi yang dapat digunakan bayi untuk bersandar, dan pastikan gunakan bantalan yang empuk dan nyaman pada kursi ayunan tersebut.

 Ayunan bayi yang baik tidak harus mahal namun kenyamanan dan keamanan bayilah yang diutamakan dalam memilih ayunan yang terbaik untuk bayi Anda. Baca juga : 5 Langkah Tepat Memilih Tempat Makan Bayi Berbahan Plastik

author
No Response

Leave a reply "Ayunan Nyaman dan Aman untuk Bayi? Begini Memilihnya!"