Bebas dari Was-Was, Ini Tips Memilih Babysitter

Akhir-akhir ini Anda pasti sudah sering mendapati pemberitaan tentang seorang babysitter atau pengasuh anak yang tega menyiksa dan bahkan membunuh majikannya. Dan tentunya sebagai orangtua yang sedang hunting babysitter, hal tersebut membuat Anda jadi cemas. Anda pun jadi semakin ketat dalam melakukan penyeleksian. Baik Anda mencari babysitter melalui lembaga penyaluran tenaga kerja maupun secara mandiri, inilah tips memilih babysitter.

  • Memilih Babysitter yang Sehat

Tips memilih babysitter yang pertama dan paling penting adalah, pastikan bahwa calon babysitter yang Anda pilih memiliki rekam medis yang sehat dan dia dalam keadaan sehat. Anak-anak Anda masihlah sangat rentan terhadap berbagai macam jenis penyakit, jadi Anda perlu memastikan bahwa orang yang akan berinteraksi dengan mereka sepanjang hari tidak berstatus sebagai carrier dari penyakit menular seperti hepatitis, TBC, atau difteri.

Selain kesehatan fisik, Anda juga perlu memperhatikan kesehatan mental dan psikis-nya. Satu hal ini memang sedikit tricky, karena jika ia mengidap gejala psikopat maka ia akan dapat menyembunyikan watak aslinya dengan sangat baik. Tapi Anda bisa menelusurinya dengan melihat ada tidaknya catatan kriminal yang ia miliki. Memang butuh proses, tapi ini demi keamanan anak Anda.

  • Memilih Babysitter yang Suka Anak dan Berpengalaman dalam Mengurus Anak

Babysitter tersebut juga harus suka dan nyaman saat ia berinteraksi dengan anak Anda. Terutama jika Anda sedang mencarikan babysitter untuk bayi atau balita yang memang membutuhkan perhatian ekstra. Babysitter tersebut juga harus memiliki temperamen yang sabar dan keibuan dalam mengasuh anak Anda, yang sudah pasti akan berlaku rewel layaknya anak kecil.

  • Perhatikan Latar Belakang Keluarga Babysitter

Poin ini yang sayangnya paling sering dilupakan oleh orangtua. Jangan lupa untuk memperhatikan dari mana ia berasal, dan dari keluarga seperti apa yang ia besarkan. Jika ia berasal dari lingkungan keluarga yang broken home, Anda wajib waspada.

Seorang anak memang tidak menanggung dosa dari kedua orangtuanya. Tapi keluarga yang bermasalah umumnya juga akan mencetak anak yang bermasalah juga. Terutama jika ia diketahui memiliki sifat yang temperamental dan tidak sabaran, serta memiliki track record yang buruk.

And most importantly, pilihlah babysitter yang bisa dipercaya dan memiliki manner yang baik dengan tutur kata yang sopan. Karena tidak hanya ia nanti akan berinteraksi dengan Anda dan tetangga sekitar, anak Anda nanti juga akan belajar tentang tata krama darinya. Nah, semoga tips memilih babysitter di atas bermanfaat bagi Anda.

author
No Response

Leave a reply "Bebas dari Was-Was, Ini Tips Memilih Babysitter"