Bukan Hoax! Menyusui Kurangi Risiko Diabetes

Manfaat ASI eksklusif 6 bulan bagi bayi sudah tidak perlu lagi dibahas. Kita semua tentu sudah tahu manfaat apa saja yang diperoleh si kecil jika ia memperoleh asupan ASI hingga usia 6 bulan. Tak hanya bagi bayi, bahkan Bunda pun sebenarnya bisa memetik manfaat dari menyusui lho. Beberapa penelitian menyatakan bahwa aktivitas menyusui bisa menurunkan resiko ibu terkena kanker payudara. Selain itu, menyusui bisa membantu membakar kalori ibu sebanyak 500 kalori setiap sesi sehingga bisa membantu mempercepat tubuh Anda kembali ke ukuran semula. Selain itu, ternyata menyusui kurangi risiko diabetes lho!

Dimuat di dalam media informasi Telegraph, sekelompok peneliti dari Amerika Serikat menemukan fakta menarik bahwa menyusui kurangi risiko diabetes tipe 2 sebanyak 47 persen. Sedangkan jika seorang ibu menyusui anaknya kurang dari 6 bulan, maka resiko diabetes masih bisa turun sebanyak 25 persen.

Yang pertama adalah melalui kecepatan sistem metabolisme yang terjadi selama Anda menyusui. Sebelumnya sudah disinggung kan bahwa dengan menyusui, tubuh Anda bisa membakar ratusan kalori.

Di saat yang sama, tubuh juga membakar kadar glukosa yang ada di dalam darah Anda sehingga membuat kadar gula darah kembali seimbang. Ditambah lagi dengan kadar sensitivitas insulin yang juga meningkatkan toleransi terhadap glukosa yang nampaknya makin meningkat pada ibu yang aktif menyusui bayinya.

Penemuan ini dan juga terobosan penemuan yang lain semakin menguatkan bukti betapa pentingnya program wajib ASI 6 bulan yang sudah lama dicanangkan oleh pemerintah. Alasannya masih ada segelintir wanita yang masih enggan untuk menyusui bayi mereka. Alasannya pun sangat beragam. Bisa jadi karena alasan kesehatan (ibu menyusui terkena HIV AIDS, mengkonsumsi obat-obatan), atau bisa juga karena ibu mengalami lecet di bagian puting atau infeksi saluran payudara.

Jika Anda tidak menyusui karena alasan yang pertama, paling tidak Anda masih bisa menyediakan ASI melalui program donor ASI. Jika puting Anda lecet, Anda masih bisa memberikan ASI pada bayi Anda melalui ASI botol paling tidak hingga puting Anda pulih. Menyusui si kecil dengan posisi yang benar bisa membantu menghindarkan resiko puting lecet lho! Infeksi saluran payudara pun sebenarnya bisa diredakan dengan mengompres payudara sebelum menyusui untuk membantu melancarkan aliran ASI.

Setelah tahu manfaat menyusui kurangi resiko diabetes, makin bersemangat kan untuk mendukung gerakan Wajib ASI 6 Bulan?

author
No Response

Leave a reply "Bukan Hoax! Menyusui Kurangi Risiko Diabetes"