Cara Menambah Nafsu Makan Anak dengan Resep Alami

Anak mogok makan adalah masalah klasik yang paling sering dialami oleh orangtua. Hal itu memang sangat wajar, karena itu artinya ia sedang dalam tahap memilih preferensi makanan. Tapi masalahnya, anak Anda sedang dalam masa pertumbuhan. Banyak orangtua yang langsung kelimpungan begitu anak terlihat ogah-ogahan makan, dan akan melakukan segala macam cara menambah nafsu makan anak. Mulai dari mengolah dan menyajikan makanan dengan cara yang menarik, hingga memberikan jamu tradisional.

Cara menambah nafsu makan anak dengan menggunakan ramuan tradisional memang tergolong lebih aman bagi anak, dan juga lebih efisien di kantong belanja. Bahan-bahan yang dibutuhkan dapat Anda peroleh dengan mudah di pasar atau bahkan di kebun Anda. Dan khasiat dari ramuan penambah nafsu makan ini pun sudah terbukti ampuh. Apa saja nih ramuan tradisional yang cocok untuk menambah nafsu makan si kecil?

  • Jahe

Tanaman rimpang yang sering dijadikan sebagai bahan jamu penghangat tubuh ini bisa Anda ramu menjadi ramuan penambah nafsu makan anak. Jahe juga bisa memberikan perlindungan terhadap virus flu dan penyakit musim pancaroba, terutama di udara sedingin ini. Yang perlu Bunda lakukan hanyalah:

  • Tumbuk atau geprek seruas jahe berukuran sedang, rebus di dalam 2 gelas air hingga mendidih
  • Setelah air jahe mendidih, angkat panci dari kompor dan saring air rebusan
  • Tuangkan ke dalam cangkir, dan untuk menambah cita rasa Anda bisa menambahkan 1 sdt perasan air lemon dan 1 sdm madu
  • Lemon

Tidak semua anak suka dengan rasa jahe yang memang sedikit pedas dan panas di mulut. Namun bisa jadi anak Anda akan menyukai ramuan dari sari air lemon ini. Rasa lemon yang sedikit masam namun menyegarkan dapat diakali dengan memberikan sedikit madu. Lemon tidak hanya dapat membantu meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh, tetapi juga membantu proses detoksifikasi usus anak Anda.

  • Daun Enceng Gondok

Tanaman yang biasanya dikenal sebagai hama ini sebenarnya menyimpan khasiat ampuh untuk kesehatan lho, Moms. Termasuk di dalamnya meningkatkan selera makan si kecil. Cara penyajiannya pun sangat sederhana, karena hanya langkah berikut yang harus Anda lakukan:

  • Cuci bersih 25 – 30 lembar daun enceng gondok dan tiriskan hingga daun sedikit kering
  • Tumbuk daun eceng gondok hingga halus sambil tambahkan air sedikit demi sedikit. Peras sarinya, dan saring untuk memisahkan ampas daun dari sarinya
  • Masukkan ke dalam gelas, tambahkan madu dan berikan pada anak Anda untuk diminum sebanyak 2 kali sehari
  • Atau, Anda juga bisa menyajikannya sebagai menu lalapan segar dengan lauk ayam goreng favorit buah hati. Siapa tahu anak Anda menyukainya.

Semoga tips dari Katalog Ibu tentang cara menambah nafsu makan anak di atas bermanfaat, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Cara Menambah Nafsu Makan Anak dengan Resep Alami"