Cara Mengatasi Belek Berlebih Pada Bayi

No comment 3733 views

perawatan bayi

Mata merupakan salah satu organ penting pada manusia. Mata sebagai jendela yang bisa membantu manusia untuk melihat dunia sering mengalami gangguan. Manusia dewasa menggunakan mata untuk melihat televisi, melihat komputer, dan sebagainya pasti pernah mengalami gangguan mata. Begitu juga dengan bayi bisa saja tidak terhindar dari bahaya sakit mata.

Pada Bayi, gejala gangguan sakit mata cukup sering terjadi sehingga bayi merasa tidak nyaman dan sangat mengganggu penglihatannya. Sakit mata yang umum terjadi pada anak bayi adalah mata belekan atau kotoran mata yang selalu ada, sehingga menyebabkan mata bayi selalu berair dan lengket.

Belek pada bayi bisa saja bukan hal yang serius. Namun, ibu cerdas harus tetap waspada. Belekan normal, umumnya terjadi saat bangun tidur. Namun, ada juga belek yang tidak normal dan diikuti oleh tanda-tanda lain. Misalnya, belek keluar tidak hanya saat bangun tidur, banyak belek yang diikuti oleh mata merah dan berair, serta mata si Kecil menjadi lengket dan diikuti oleh tangisan si Kecil seperti merasakan kesakitan.  Jika hal tersebut terjadi pada si kecil, Ibu cerdas harus mulai waspada.

Belek abnormal pada bayi umumnya disebabkan oleh sumbatan pada kelenjar air mata yang berada di dekat kelopak mata bagian dalam. Penyumbatan ini menyebabkan air mata tersebut tidak bisa dialirkan ke rongga hidung. Apabila hal ini dibiarkan terus-menerus, maka infeksi pada mata si Kecil bisa terjadi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan hal berikut ini.

  1. Membersihkan belek sesering mungkin dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan air matang. Usapkan dengan halus  dari ujung mata bagian dalam hingga ujung mata bagian luar.
  2. Pemijatan pada bagian mata bayi juga bisa membantu mengatasi sakit mata. Lakukan pemijatan 3-4 kali sehari. Dalam sekali pemijatan, lakukan perputaran 10-15 kali dari mata bagian dalam dekat hidung ke barah bawah. Lumasi telunjuk jari dengan baby oil agar si Kecil tetap nyaman saat pemijatan.
  3. Apabila terjadi infeksi, segeralah bawa si Kecil ke dokter spesialis mata untuk menghindari kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Inilah hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi belek tidak normal pada bayi. Rajin-rajinlah untuk membersihkan belek dengan kain lembut atau kapas untuk menjaga kebersihan mata sang buah hati. Bayi Sehat, Ibu Bahagia.

author
No Response

Leave a reply "Cara Mengatasi Belek Berlebih Pada Bayi"