5 Ciri – Ciri Ayah yang Baik untuk Keluarga!

Ciri - Ciri Ayah yang Baik untuk Keluarga!

Ayah yang baik – Sudah seharusnya sebagai kepala rumah tangga, ayah bisa menjadi sosok yang baik dan disayangi oleh semua anaknya. Ayah yang baik adalah idaman semua keluarga tentunya, namun kenyataannya tidak semua ayah berhasil menjadi ayah yang baik seperti yang diidam – idamkan oleh anaknya. Menjalin kedekatan dengan sang anak adalah hal penting yang sebisa mungkin harus dilakukan agar menjadi sosok ayah yang behasil dimata keluarga kususnya anak – anak.

Jika Anda ingin menjadi ayah yang baik untuk keluarga berikut ciri – cirinya menurut mayoritas anak.

1. Menjadi pemimpin yang teladan
Ayah yang baik adalah ayah yang mampu menjadi pemimpin yang teladan bagi anak. Ayah adalah sosok pahlawan terdekat bagi anak-anak. Buatlah anak Anda bangga dengan pahlawan mereka dengan selalu membuatnya aman dan nyaman serta bersikap pemberani dalam menghadapi semua ketakutan mereka.

2. Menunjukan rasa cinta yang besar
Ayah yang baik adalah sosok yang mampu menunjukkan rasa cinta dan kasih sayangnya pada anak. Seorang ayah ada baiknya seing-sering menunjukkan kasih sayang mereka pada anak cukup melalui hal-hal yang sederhana, misalnya saja memberikan anak pelukan setiap pagi atau menyelimuti anak sebelum tertidur.

3. Paham peran mereka
Ayah yang baik adalah ayah yang dapat menjadi seorang ayah, guru, dan juga sahabat pada waktu yang tepat. Sewaktu anak Anda masih kecil jadilah sosok yang selalu mengayominya serta sosok yang mampu mengajarinya banyak hal. Sementara, saat anak bertumbuh dewasa, jadilah sahabat yang bisa mereka percaya untuk berbagi keluh kesah

4. Bermain dan tertawa bersama
Ayah yang dapat selalu menemani anak bermain dan tertawa juga merupakan ciri-ciri ayah yang baik bagi sebagian anak. Seperti yang kita tahu bahwa dengan tertawa bersama, anak-anak akan selalu membuka pintu hati mereka untuk orang tua. Bacakanlah cerita yang lucu setiap hari sebelum tidur pada anak agar dapat tertawa bersama sebelum tidur.

5. Perlakukan anak seperti apa Anda ingin diperlakukan ketika masih kecil

Hal ini bukan berarti Anda “melepaskan” begitu saja saat anak berbuat salah, namun Anda harus ingat bagaimana perasaan Anda ketika masih kecil dulu. Ingat bagaimana Anda ingin diperlakukan oleh orangtua, terutama ketika Anda berbuat salah. Tak ada satu pun orang yang ingin dimarahi, karena itu berusahalah bersikap bijak dengan tetap tegas mengingatkan anak namun dengan cara yang tidak membuatnya semakin merasa tersudut dan tertekan.

Itulah ciri – ciri ayah yang baik yang tentunya menjadi dambaan bagi setiap keluarga. Sesibuk apapun pekerjaan Anda, jangan melupakan hal – hal diatas agar Anda dapat menjadi kepala rumah tangga yang membanggakan. Baca juga : 3 Kegiatan Mengasikan untuk Family Time Berkualitas

author
No Response

Leave a reply "5 Ciri – Ciri Ayah yang Baik untuk Keluarga!"