Deteksi Kesehatan Janin dengan Menghitung Gerakan Bayi

Deteksi Kesehatan Janin dengan Menghitung Gerakan Bayi

Menghitung gerakan bayi – Ibu hamil perlu menghitung gerakan janin yang ada dalam rahim karena hal ini dapat digunakan untuk mendeteksi masalah kesehatan calon bayi nantinya. Namun pada kehamilan pertama ibu hamil sering kesulitan merasakan tendangan dan gerakan bayi dalam kandungan. Biasanya untuk ibu yang hamil anak pertama baru merasakan gerakan bayi pada sekitar 18 hingga 20 minggu.

Gerakan dan tendangan janin keras setiap bertambahnya usia kandungan. Saat ukuran bayi mulai membesar yaitu pada usia kehamilan 36 hingga 40 minggu pergerakan bayi makin terasa dan kemungkinan gerakan tersebut sudah terbatas. Pada minggu – minggu terakhir menjelang kelahiran, gerakan dan tendangan bayi akan semakin mereda. Namun bunda jangan khawatir, cukup melakukan menghitung gerakan bayi untuk memastikan kondisi kesehatan janin Anda.

Cara menghitung gerakan janin

1. Hitunglah gerakan janin secara teratur
Anda dapat memulai menghitung gerakan janin di dalam rahim secara teratur setelah merasakan gerakan janin pertama kalinya. Setiap ibu hamil memiliki waktu yang berbeda beda dalam menentukan gerakan janin pertama kalinya. Ibu hamil biasanya lebih peka merasakan gerakan janin saat usia kehamilan 19 minggu. Sehingga pada usia 27-28 minggu dapat melakukan perhitungan secara berkala untuk mencatat gerakan janin anda secara teratur.

2. Jadwalkan Waktu Gerakan Janin
Anda dapat menentukan jadwal untuk melakukan pemeriksaan terhadap gerakan janin pertama kali Anda dapat memastikan pada pagi, siang atau malam hari dalam merasakan gerakan aktif pada bayi anda. Untuk melakukan perhitungan Usahakan dilakukan setiap hari dengan jadwal yang telah anda tentukan sehingga dapat memberikan hasil yang lebih akurat.

3. Atur posisi yang nyaman
Beberapa posisi dapat membantu Anda dalam menentukan kondisi gerakan janin salah satunya dengan cara duduk atau berbaring sambil mendengarkan musik klasik. Aktifitas ini akan membantu anda dalam memberikan gambaran gerakan janin yang berhubungan dengan kondisi kesehatan janin.

4. Catat gerakan janin
Meskipun sepertinya hal ini sulit untuk dilakukan akan tetapi mencatat gerakan janin dapat dilakukan dengan mudah. Pertama kali dengan menghitung gerakan janin kemudian catat jam dimulai gerakan janin anda kemudian anda dapat melakukan catatan yang mengenai gerakan sampai 10 kali sehingga terakhir adalah mencatat waktu terakhir dalam mencatat gerakan yang dilakukan oleh janin Anda.

Melakukan perhitungan gerakan sangat penting hal ini selain untuk mengetahui kesehatan bayi, menghitung gerakan bayi juga dapat dilakukan untuk mendeteksi apakah bayi dalam keadaan sungsang atau tidak. Baca juga : Hindari Hal – Hal ini saat Usia Kehamilan 8 Bulan!

author
No Response

Leave a reply "Deteksi Kesehatan Janin dengan Menghitung Gerakan Bayi"