Gentle Birth & Beragam Alternatif Metode Melahirkan Lainnya

Melahirkan merupakan momen istimewa bagi seorang Ibu dan pasangan. Hingga kini, melahirkan normal lewat vagina maupun operasi Caesar menjadi metode melahirkan yang paling banyak diketahui dan dipraktikkan di berbagai instansi kesehatan. Menariknya, saat ini telah bermunculan berbagai metode melahirkan non-konvensional yang bisa menjadi pertimbangan Moms. Gentle birth dan beragam alternatif metode melahirkan terbaru tersebut sangatlah mengutamakan kenyamanan para Ibu dan bayi sehingga melahirkan tak lagi jadi mimpi buruk mengerikan. Tentu saja, sebelum menentukan pilihan metode melahirkan terbaik, lakukan konsultasi dengan pasangan dan obgyn Anda serta pertimbangkan kemungkinan pelaksanaannya saat hari persalinan nanti.
Gentle birth merupakan teknik persalinan yang berfokus dalam mengurangi rasa takut Moms sekaligus perasaan negatif lainnya saat momen melahirkan. Anda akan dituntun untuk merasakan ketenangan dan mendapatkan kepercayaan diri saat berjuang melahirkan buah hati ke dunia. Hal tersebut rupanya bertujuan agar Moms dapat memegang kendali penuh saat melahirkan serta memungkinkan untuk menjalani persalinan tanpa obat-obatan. Pembiusan lokal dengan epidural hingga pemberian obat induksi, misalnya, memiliki efek samping tersendiri sehingga pemakaiannya sebisa mungkin dihindari.
Tahukah Anda, Moms, bahwa hypnobirthing menjadi salah satu metode gentle birth yang paling populer saat ini? Hypnobirthing terutama bertujuan agar proses persalinan terasa lebih nyaman dan meminimalkan rasa sakit, tegang, hingga rasa takut. Kombinasi teknik yang dilakukan dalam hypnobirthing di antaranya ialah pemberian informasi persalinan, teknik relaksasi, serta self-hypnosis. Dengan mengajarkan relaksasi yang mendalam, hypnobirthing memberikan manfaat berupa proses persalinan yang tenang dan senantiasa terkendali.
Melalui hypnobirthing, tubuh Anda akan mengalami peningkatan hormon endorfin sebagai pereda nyeri alami. Suasana hati Anda juga akan senantiasa baik berkat lancarnya produksi hormon oksitosin. Karena tak berfokus pada ketakutan, kelelahan, stres, maupun rasa sakit, Moms pun mampu memberikan persetujuan maupun memilih sendiri segala sesuatu terkait manajemen persalinan dan sesudahnya, misalnya inisiasi menyusui dini atau perawatan gabung bersama bayi.
Selain gentle birth, Moms juga bisa melahirkan dengan metode water birth atau melahirkan dalam air. Sewalah kolam renang khusus atau lakukan proses persalinan di fasilitas yang memberikan pelayanan tersebut. Water birth pada dasarnya akan membantu Anda melahirkan di dalam kolam berisi air bersih yang hangat sesuai dengan suhu tubuh dengan batas tinggi air sepinggang orang dewasa.
Water birth dipercaya dapat mengurangi rasa sakit ketika serviks mulai melebar namun belum mengalami bukaan lengkap. Selanjutnya, Anda bisa memilih melanjutkan proses mengejan di luar atau di dalam kolam sehingga bayi akan keluar di dalam air dan ikut berenang bersama Anda. Bagi buah hati, metode water birth konon mampu membantunya menjalani masa transisi dengan dunia di luar rahim.
Dari dataran Tiongkok, teknik pengobatan akupunktur menawarkan induksi persalinan secara alami tanpa menggunakan obat-obatan begitu kondisi air ketuban telah pecah. Terapi akupunktur rutin selama masa kehamilan juga dipercaya dapat mengurangi risiko penggunaan epidural maupun mengubah posisi bayi sungsang. Alternatif metode melahirkan lainnya ialah home birth. Metode yang belum umum dilakukan tersebut dilakukan di lingkungan rumah yang nyaman dan santai, sekaligus menghindari penggunaan obat maupun sayatan hingga pembedahan yang dianggap tak perlu. Apapun metodenya, pilihlah sebijak mungkin demi kenyamanan Anda dan pasangan sekaligus jabang bayi nanti ya Moms.

author
No Response

Leave a reply "Gentle Birth & Beragam Alternatif Metode Melahirkan Lainnya"