Hamil Nyaman dengan Tips Mengatasi Insomnia pada Ibu Hamil

Di antara berbagai perubahan fisik dan ketidaknyamanan lainnya selama masa kehamilan, insomnia merupakan salah satu masalah yang paling banyak dialami para Ibu hamil di dunia. Statistik menunjukkan bahwa 78% Ibu hamil mengalami gangguan insomnia akibat berbagai gangguan tidur.
Beberapa penyebab insomnia kehamilan di antaranya ialah kehawatiran berlebihan saat mempersiapkan dan menanti kelahiran buah hati. Rasa nyeri di pinggang dan punggung pada hamil tua juga dapat menyisakan sensasi tak nyaman yang mengganggu tidur nyenyak Anda di malam hari. Ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan sebagai tips mengatasi insomnia pada Ibu hamil untuk mendapatkan istirahat berkualitas sepanjang kehamilan.
Tips mengatasi insomnia pada Ibu hamil yang pertama ialah dengan memberi pijatan lembut pada punggung. Sentuhan dan pijatan lembut penuh kasih sayang dari pasangan diharapkan dapat mengatasi nyeri pinggang dan punggung yang sering terjadi saat hamil. Apabila tidak segera diatasi, nyeri pinggang dan punggung pada masa kehamilan tersebut nantinya akan mengganggu waktu tidur Anda sehingga mudah lelah dan berujung dengan insomnia sepanjang masa kehamilan.
Merendam kaki dengan air yang hangat dan garam juga merupakan salah satu tips mengatasi insomnia pada Ibu hamil. Rasa sakit dan pegal di area kaki pada saat hamil merupakan hal yang tak terhindarkan sekaligus dapat menyebabkan gangguan tidur. Untuk menghindari insomnia pada masa hamil, Moms dapat merendam kaki dengan air hangat untuk menghilangkan rasa pegal dan tidak nyaman pada kaki. Trik yang satu ini juga berguna sebagai relaksasi menjelang hari persalinan sekaligus mengatasi kaki bengkak menjelang trimester akhir kehamilan.
Meski tengah mengandung, hindari pola pikir bahwa Moms harus makan banyak untuk berdua. pola makan yang baik untuk Ibu hamil ialah dengan jumlah kecil namun dalam frekuensi berlipat. Apabila jumlah asupan energi dan zat gizi yang dibutuhkan tubuh Anda selama hamil kurang tercukupi, Anda bisa saja merasa kelaparan dan terjaga di malam hari. Untuk mencegah insomnia akibat rasa lapar yang tiba-tiba menyerang saat malam, siapkan kudapan sehat seperti buah-buhan atau roti gandum untuk berjaga-jaga mengisi perut saat kelaparan.
Jauhkan hal-hal yang berpotensi menjadi distraksi menjelang waktu tidur. Bermain ponsel di malam hari dapat membuat Anda kecanduan dan lupa diri hingga terjaga semalaman. Berbeda dengan membaca buku menjelang tidur yang membantu Anda rileks dan mengantuk, cahaya radiasi ponsel dapat mengganggu kesehatan dan membuat Anda tidak lekas tertidur nyenyak.
Moms, jangan malas bergerak selama hamil ya! Meskipun terasa berat dan melelahkan, rajin berolahraga pada masa kehamilan dapat menghilangkan rasa sakit di punggung agar Anda memperoleh tidur yang berkualitas di malam hari. Tak perlu melakukan olahraga yang berat, Moms, cukup dengan banyak bergerak seperti berjalan keliling kompleks perumahan.
Agar Moms tak lagi mengalami insomnia selama hamil, kurangi konsumsi kafein maupun air mineral menjelang tidur. Minum air memang menyehatkan, namun banyak minum menjelang tidur dapat menimbulkan gangguan tidur karena Anda bisa sering kencing sepanjang malam. Konsumsi kafein, sebaliknya, tak hanya dapat menyebabkan insomnia tapi juga membuat masalah tekanan darah dan gangguan hormon pada Ibu hamil sekaligus mengganggu tumbuh kembang bayi.
Semoga kehamilan Anda berjalan sehat dan lancar hingga hari persalinan ya, Moms!

author
No Response

Leave a reply "Hamil Nyaman dengan Tips Mengatasi Insomnia pada Ibu Hamil"