Ibu Cerdas Harus Punya Trik agar Anak Gemar Membaca

Orangtua mana saja tentu percaya bahwa setiap hobi yang dimiliki anak bisa diarahkan ke hal-hal positif demi pembelajaran dan pengembangan diri buah hati. Hobi membaca, misalnya, tak hanya membantunya menempuh pendidikan formal tapi juga memberikan bekal ilmu pengetahuan serta mengasah imajinasi. Sayangnya, tak semua anak mau apalagi memiliki hobi rajin membaca. Moms, berikut ini beberapa cara cerdas yang bisa Anda lakukan sebagai trik agar anak gemar membaca.

 
Anda bisa membiasakan diri membacakan buku cerita maupun bacaan apapun kepada buah hati sejak lahir atau bahkan sejak di dalam kandungan. Salah satu trik agar anak gemar membaca ialah dengan menunjukkan kepada anak bahwa sebagai orangtua Anda juga memiliki kesenangan membaca. Bacalah buku saat waktu luang, bersantai di ruang keluarga, di perjalanan, atau menjelang tidur. Lakukan setiap hari untuk menumbuhkan minat baca anak karena si kecil akan meniru apa yang dilakukan oleh orangtua.

 
Jangan ragu melakukan aktivitas membaca di mana saja, di dalam maupun di luar rumah. Apabila Anda tidak memiliki ruangan khusus sebagai perpustakaan di rumah, Moms bisa menciptakan suasana membaca senyaman dan semenarik mungkin. Buatlah sudut baca khusus dalam rumah sebagai area baca. Siapkan rak buku atau laci yang bisa digunakan untuk menyimpan koleksi buku. Sofa atau kursi untuk membaca juga bisa Anda ganti dengan hammock atau bantal-bantal kecil untuk sandaran punggung saat membaca di sekitar lemari buku. Moms juga bisa menyediakan karpet dan fasilitas lainnya seperti lampu baca.

 
Begitu memasuki usia sekolah, membaca menjadi aktivitas yang hampir pasti dapat ditemukan dalam setiap pelajaran. Sedihnya, Moms, beberapa anak mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas membaca, bahkan membencinya sama sekali. Selain di sekolah, kebiasaan baik seperti membaca juga bisa ditumbuhkembangkan sejak di rumah. Untuk mengawalinya, jangan paksakan anak membaca sesuatu yang tidak disukai. Perhatikan topik dan bidang tertentu yang nampak digemari si kecil.

 
Bacaan fiksi tak selamanya bisa menjadi trik agar anak gemar membaca karena tak semua anak menyukainya. Sediakan bacaan yang sesuai dengan hobi dan kegemaran si kecil, seperti truk atau dinosaurus. Jangan ragu untuk menyediakan buku-buku dengan tema khusus yang sesuai dengan minat buah hati. Tunjukkan pada anak bahwa buku bisa memberikan informasi mengenai segala hal, tak seperti buku sekolah yang cenderung membosankan.

 
Gunakan media seperti video, lagu, maupun aktivitas roleplaying sebagai ilustrasi maupun pengantar terhadap cerita dan topik yang diulas dalam buku bacaan. Tips ini sangatlah tepat diterapkan pada anak zaman sekarang yang telah terpapar teknologi sejak dini. Selain kreatif dan menarik, cara tersebut juga bisa menjadi metode perkenalan tambahan untuk menciptakan atmosfer yang nyata bagi anak untuk mulai membaca.

 
Moms juga bisa menggunakan buku bergambar atau ilustrasi tambahan untuk membantu anak memvisualisasikan isi bacaan. Tak semua anak memiliki daya imajinasi tinggi sehingga ilustrasi berupa gambar bisa menjadi sarana yang tepat untuk membantu meningkatkan pehaman anak terhadap bacaan. Proses membaca pun menjadi lebih efektif dan interaktif dengan adanya komunikasi Anda dan anak lewat gambar. Untuk anak yang suka menggambar, mintalah si kecil menggambarkan karakter atau jalan cerita yang tertuang dalam buku. Langkah ini dapat memastikan pemahaman dan mempertajam kemampuan anak dalam menuangkan isi bacaan.

author
No Response

Leave a reply "Ibu Cerdas Harus Punya Trik agar Anak Gemar Membaca"