Ibu Cerdas Tahu Cara Mengatasi Anak Bosan Sekolah

Menuntut ilmu lewat institusi pendidikan formal seperti sekolah merupakan salah satu hak dasar anak yang wajib Anda penuhi sebagai orangtua. Sayangnya, suasana hati anak seringkali berubah sepanjang harinya. Ketika hari ini si kecil bersemangat ke sekolah, bisa jadi keesokan harinya ngambek dan mogok belajar. Malas bersiap ke sekolah hingga enggan mengerjakan tugas sekolah dan belajar tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mendamping buah hati.
Situasi semacam itu tentu menjadi tugas tersendiri bagi Anda karena bisa membuat Anda kesal di pagi hari. Rutinitas menyiapkan bekal dan mengantar anak ke sekolah mungkin akan mengalami kekacauan apabila anak mengalami mood swing menjelang waktunya berangkat. Moms tentu harus pandai menguasai cara mengatasi anak bosan sekolah agar suasana pagi Anda berdua tidak berubah total.
Moms, tak perlu ikut meledak marah saat menanggapi anak yang mogok sekolah. Alih-alih marah, Anda bisa menyelidiki terlebih dahulu penyebab anak enggan bersekolah. Salah satu cara mengatasi anak bosan sekolah ialah dengan menggali terlebih dahulu apa yang dirasakan si kecit saat di sekolah. Apakah ada yang mengganggu suasana belajarnya sehingga buah hati Anda ketinggalan pelajaran di sekolah? Bisa jadi anak Anda mengalami masalah dengan teman-teman maupun gurunya di sekolah. Dengarkan perasaan si kecil tanpa menghakimi dan bantulah mencari jalan keluarnya agar buah hati mau kembali bersekolah.
Setelah mengetahui masalahnya, Moms bisa membantu si kecil memberikan solusi maupun mengajaknya bernegosiasi. Berbeda dengan orang dewasa, anak kecil tentu mudah dirayu dengan hal-hal tertentu yang disukainya. Bujuklah si kecil untuk kembali bersekolah dengan memberikan bekal sekolah berupa kudapan favoritnya. Anda juga bisa membelikan perlengkapan sekolah baru yang disukai si kecil untuk merayunya kembali bersekolah.
Berikan motivasi anak untuk bersekolah, misalnya agar dapat bertemu dan bermain dengan seru bersama teman-teman di sekolah. Moms juga bisa menunjukkan dukungan Anda dengan meluangkan waktu mengantar dan menemaninya bersekolah hingga si kecil kembali merasa nyaman. Anda juga bisa diam-diam mengamati dan mencari tahu hal-hal apa saja yang membuat si kecil enggan bersekolah. Apakah ada gurunya yang galak atau temannya yang gemar merisak?
Cara mengatasi anak bosan sekolah yang terakhir ialah dengan melatihnya keterampilan sosial sederhana. Ajarkan si kecil untuk terbiasa mengutarakan keinginan dan perasaannya di sekolah secara verbal kepada guru maupun teman sekelas. Entah karena buah hati Anda malu-malu untuk ikut bermain bersama atau kurang bisa menyatakan suara hatinya saat mengalami suatu hal yang mengganggu. Yakinkan buah hati Anda bahwa guru-gurunya di sekolah akan selalu mendengarkan pendapatnya di sekolah. Semoga si kecil kembali aktif dan ceria di sekolah ya, Moms!

author
No Response

Leave a reply "Ibu Cerdas Tahu Cara Mengatasi Anak Bosan Sekolah"