Ingin Cepat Hamil? Ini Tips Makanan Penyubur Kandungan

Oh, the pressure to have kids! Setiap pasangan yang baru saja mengikat janji pernikahan pasti akan menghadapi tekanan masyarakat satu ini. Jika Anda belum atau tidak merencanakan kehamilan, pertanyaan tersebut hanya akan menjadi gangguan-gangguan kecil di telinga Anda. Tapi bagi Anda yang sudah lama menginginkan kehamilan, pertanyaan tersebut seakan menambah beban Anda sebagai seorang istri.

Untuk meminta masyarakat untuk lebih peka terhadap perasaan Anda memang hampir mustahil, tapi paling tidak ada satu hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan keberhasilan program hamil Anda. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan penyubur kandungan. Apa saja?

  • Makanan dengan Kandungan Asam Folat

Salah satu makanan penyubur kandungan yang wajib Anda konsumsi adalah sayuran berdaun hijau. Sayuran hijau diketahui memiliki kandungan asam folat yang sangat kaya, yang akan sangat berguna untuk membantu mengawal perkembangan janin dan mencegah kecacatan.

Dalam hal usaha untuk hamil, suami Anda-lah yang paling wajib untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat (karena infertilitas sebenarnya juga bisa disebabkan oleh kualitas sperma yang buruk). Konsumsi makanan yang mengandung asam folat dapat membantu meningkatkan kualitas sperma yang lebih sehat dan tangguh sehingga kemungkinan terjadinya pembuahan pun semakin besar.

Selain dari sayuran hijau, Anda juga bisa mendapatkan asupan asam folat dari buah-buahan citrus seperti buah jeruk dan gandum.

  • Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi

Penyebab Anda tidak segera hamil bukan berarti karena Anda tidak subur, tapi bisa jadi karena kualitas sel telur Anda buruk. Untuk meningkatkan kualitas ovum, para ahli kesehatan menyarankan Anda untuk memperbanyak konsumsi makanan berprotein tinggi. Contohnya seperti daging sapi, daging ayam, dan telur ayam.

Selain itu, untuk variasi Anda juga bisa menyantap kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang kedelai untuk camilan, tahu-tempe, atau quinoa untuk lauk pauk. Tapi hati-hati, Moms! Terlalu banyak asupan protein hewani justru bisa menimbulkan efek sebaliknya lho. Jadi pintar-pintar Anda saja dalam menyeimbangkan asupan protein harian Anda.

  • Makanan dengan Kandungan Asam Lemak Omega 3

Contohnya seperti ikan-ikan laut seperti ikan salmon, sarden, atau ikan tuna. Kandungan asam lemak di dalam ikan tersebut dapat membantu memperlancar aliran darah ke organ reproduksi Anda. Dan sebagai hasilnya produksi hormon reproduksi semakin meningkat sehingga peluang untuk hamil pun semakin besar.

Eits, tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi ikan laut ya, Moms! Jika Anda memiliki alergi terhadap ikan laut, atau khawatir akan keracunan zat polutan Merkuri, Anda dapat menyeimbangkan asupan asam lemak dengan menyantap produk nabati. Contohnya seperti kacang almond, dan biji labu.

 

Selain menyantap makanan penyubur kandungan, jangan lupa untuk menghindari stres dan terus berdoa.

author
No Response

Leave a reply "Ingin Cepat Hamil? Ini Tips Makanan Penyubur Kandungan"