Ini Cara Efektif Agar Tidak ‘Kebobolan’ Setelah Melahirkan

Seberapa besarpun Anda menikmati masa kehamilan, setelah Anda melahirkan pastinya Anda merasa lelah dan ingin beristirahat sejenak, kan? Otot-otot rahim Anda pun pastinya juga lelah setelah menampung bayi Anda selama 9 bulan hingga terus berkontraksi selama beberapa jam saat proses persalinan. Banyak dari Anda yang pastinya menganggap bahwa begitu Anda selesai melahirkan berarti masa subur Anda sudah lewat sehingga Anda santai-santai saja ketika diajak suami berhubungan intim. Awas , Moms! Masa subur ternyata datangnya bisa lebih cepat pada beberapa wanita, sehingga kalau tidak hati-hati bisa-bisa Anda ‘kebobolan’ setelah melahirkan.

‘Kebobolan’ setelah melahirkan juga tidak bisa dibilang merupakan hal yang bagus. Tidak hanya dilihat dari segi kesehatan rahim saja, tapi juga dari segi psikis Anda. Belum selesai Anda membesarkan anak pertama, kini Anda harus memastikan bahwa anak kedua memperoleh asupan nutrisi yang tidak kalah banyaknya untuk berkembang dengan baik. Jarak usia anak yang terlalu dekat juga bisa mengakibatkan masalah di kemudian harinya. Mengutip saran dari seorang guru besar Ilmu Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yaitu Prof. Biran Affandi, jarak kehamilan yang ideal adalah antara 2-4 tahun.

Tidak ada cara yang pasti untuk mengetahui kapan masa subur Anda akan kembali, jadi lebih baik melakukan pencegahan, kan? Satu-satunya cara yang paling efektif dan aman adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi. Untuk memilih alat kontrasepsi yang tepat untuk BuSu (ibu menyusui), pilihlah alat KB yang bersifat jangka panjang dan tidak mempengaruhi produk ASI. Contohnya seperti alat kontrasepsi IUD dan implan.  Begitu Anda sudah siap untuk memiliki anak lagi, alat kontrasepsi ini dapat dilepas dan Anda juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu masa kesuburan Anda kembali.

Untuk memasang alat kontrasepsi ini Anda tidak perlu menunggu hingga masa nifas selesai, Moms. Anda bisa langsung  meminta pemasangan alat KB setelah melahirkan atau sebelum Anda pulang dari rumah sakit. Alat kontrasepsi jangka panjang memang biasanya memakan biaya yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan alat kontrasepsi jangka pendek seperti KB suntik atau KB pil, tapi angka efektivitasnya jauh lebih tinggi. Anda jadi tidak perlu khawatir akan berita “kebobolan” dan dapat lebih berfokus pada keluarga kecil Anda untuk saat ini.

Untuk mencegah ‘kebobolan’ setelah melahirkan memang KB jawabannya.

author
No Response

Leave a reply "Ini Cara Efektif Agar Tidak ‘Kebobolan’ Setelah Melahirkan"