Ini Pertolongan Pertama Terhadap Luka Bakar pada Anak

Di usianya yang masih sangat muda, anak-anak memang memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi. Apalagi pada balita yang memang masih belajar mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Sebagai orangtua, tentu saja Anda jangan sampai lengah dalam mengawasi selama anak Anda bermain-main. Karena bisa saja ia menyentuh benda-benda yang dapat membuatnya terluka. Permukaan knalpot atau panci yang panas misalnya. Kalau sudah begitu, anak Anda bisa-bisa rewel kesakitan gara-gara luka bakar. Apa saja ya pertolongan pertama terhadap luka bakar pada anak?
Pertolongan pertama terhadap luka bakar pada anak sebenarnya bergantung pada tingkat luka bakar anak. Kurang lebih ada 2 tingkat luka bakar, yaitu luka bakar ringan dan luka bakar serius. Buat lebih jelasnya, simak lebih lanjut artikel ini yuk.
• Luka Bakar Ringan

Luka bakar ini tergolong paling sering terjadi pada anak-anak, yaitu sekitar 95 persen menurut Ikatan Dokter Indonesia. Luka bakar ini tidak terlalu fatal karena hanya bagian kulit terluar saja yang terluka, dengan luas luka hanya sekitar 10%. Luka ini dapat membaik dan sembuh dengan sendirinya dan memakan waktu sekitar 6 hari. Walaupun tetap saja, si kecil tentu merasa sedikit tidak nyaman gara-gara itu.

 

Untuk meringankan rasa sakit akibat luka bakar tersebut, pertama-tama segera guyur bagian tubuh yang terkena luka bakar dengan air yang mengalir selama 10-15 menit. Anda juga bisa mengoleskan gel aloe vera untuk membantu mempercepat pendinginan kulit yang terbakar. Jangan pernah mengompres luka bakar dengan mengenakan es batu langsung pada bagian kulit yang terluka.

 

Beberapa orang percaya menggunakan pasta gigi, kecap, mentega, atau minyak tanah dapat membantu. Tapi Katalog Ibu sama sekali tidak menyarankan hal tersebut karena dapat memperbesar kemungkinan terjadinya infeksi.
• Luka Bakar Berat
Luka bakar ini tergolong lumayan gawat, Moms. Luka bakar ini umumnya meliputi tidak hanya kulit bagian luar saja, tapi juga jaringan-jaringan yang terdapat di bawahnya. Semakin besar luka bakar yang dideritanya (lebih dari 50%), maka akan semakin kritis pula kondisinya. Anak Anda perlu segera dilarikan ke rumah sakit untuk memperoleh pertolongan. Selagi menunggu tenaga medis, Anda dapat memberikan pertolongan pertama yaitu kompres area tubuh anak yang terluka dengan kain bersih yang sudah dilembabkan dengan air. Jangan menyiram (apalagi merendam) tubuh anak dengan air dingin karena dapat mengakibatkan hipotermia.

 

Untuk mencegah luka bakar membengkak, balut luka bakar dengan kain bersih yang halus (bukan kasa atau kapas) jika memungkinkan. Longgarkan pakaian dan lepaskan ikat pinggang untuk membuat anak dapat bernapas lebih leluasa. Jangan memberikan mereka makanan atau minuman karena dapat mengakibatkan tersedak.

Semoga tips pertolongan pertama terhadap luka bakar pada anak di atas dapat memberikan manfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Ini Pertolongan Pertama Terhadap Luka Bakar pada Anak"