Ini Yang Terjadi Jika Ibu Hamil Kurang Asam Folat

Selama 9 bulan, janin Anda akan membutuhkan asupan nutrisi yang tepat yang ia dapatkan dari makanan yang dikonsumsi ibunya. Salah satu zat makanan yang paling penting untuk menjamin pertumbuhan janin adalah asam folat. Asam folat, atau yang disebut juga dengan folic acid adalah salah satu komponen vitamin B yang bermanfaat untuk membantu menjaga proses pembelahan serta pertumbuhan sel-sel di dalam tubuh. Terutama bagi pembentukan sel-sel tubuh janin. Apa yang terjadi jika ibu hamil kurang asam folat? 

  • Spina Bifida 

Jika selama masa kehamilan ibu hamil kurang asam folat, maka besar kemungkinan bayi akan mengalami cacat lahir salah satunya adalah spina bifida. Spina bifida adalah penyakit yang mengakibatkan tidak lengkapnya pembentukan sumsum tulang belakang. Susunan tulang belakang yang tidak sempurna tersebut mengakibatkan sistem syaraf bayi menonjol keluar dan mengakibatkan syaraf terjepit.  

  • Anencephaly 

Selain Spina Bifida, ada juga penyakit syaraf yang tidak kalah seriusnya, yaitu penyakit Anencephaly. Anencephaly merupakan penyakit yang menyerang organ otak bayi dan mengakibatkan pembentukan tempurung kepala bayi yang tidak sempurna. Alhasil otak bayi tidak terlindungi dengan sempurna, dan bahkan bukan tidak mungkin bayi terkena hydrocephalus (pembesaran kepala) yang diakibatkan akumulasi cairan di kepala.  

  • Anemia 

Tidak hanya bagi janin saja, kekurangan asam folat bisa mengakibatkan dampak buruk bagi ibu hamil lho. Ibu hamil yang tidak mengkonsumsi asupan asam folat yang cukup lebih suspectible, atau berisiko terkena anemia dibandingkan dengan ibu hamil dengan asupan asam folat yang terpenuhi.  

Anemia umum terjadi pada ibu hamil di usia mendekati trimester ketiga. Pada masa itu, janin akan menyerap darah Anda lebih banyak dari biasanya untuk mendukung pertumbuhannya yang kian pesat. Apabila Anda terserang anemia, janin Anda tidak akan mendapatkan asupan nutrisi yang ia butuhkan. Jika kondisi tersebut berlanjut bisa saja si kecil lahir prematur.  

Untuk mencegah resiko masalah kehamilan di atas, seberapa banyak asam folat yang Anda butuhkan? Para ahli kesehatan berpendapat bahwa sebaiknya seorang ibu hamil mendapatkan asupan asam folat sebanyak 400 mcg dari bulan pertama sebelum Anda hamil hingga trimester awal kehamilan. Selanjutnya, sejak trimester kedua hingga trimester ketiga tubuh Anda membutuhkan asupan asam folat sebanyak 600 mcg. Tidak hanya dari suplemen saja, Moms juga bisa mendapatkan asupan asam folat dari makanan alami seperti kacang-kacangan, ikan laut, dan sayuran hijau. Semoga informasi dari Katalog Ibu di atas bisa membantu mencegah ibu hamil kurang asam folat. 

author
No Response

Leave a reply "Ini Yang Terjadi Jika Ibu Hamil Kurang Asam Folat"