Inilah Panduan Nutrisi Penting Untuk Kehamilan Sehat

nutrisi penting untuk kehamilan sehat

Bagi banyak pasangan, kehamilan adalah hal yang paling dinanti-nantikan. Dan tentu saja, tiap ibu yang sudah dianugerahi dengan kehamilan pun akan berusaha sekuat tenaga untuk menjaga kehamilan mereka hingga saat persalinan tiba. Tapi, untuk mendapatkan usia kehamilan yang sehat ada beberapa hal yang wajib untuk  Anda ketahui. Hal yang paling penting adalah mengenai asupan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu dan janin. Dan berikut adalah uraian tentang nutrisi penting untuk kehamilan sehat.

  • Sayuran Hijau

Salah satu nutrisi penting untuk kehamilan sehat adalah konsumsi sayuran hijau. Mengapa? Alasannya adalah karena sayuran hijau merupakan sumber dari berbagai macam zat makanan yang dibutuhkan untuk perkembangan janin. Zat-zat makanan tersebut antara lain zat besi, folat, serat, dan vitamin. Zat besi akan sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan sel-sel darah merah baik bagi janin dan ibu sehingga Anda dan janin yang Anda kandung akan terhindar dari penyakit anemia. Asam folat berperan untuk membantu menjaga sistem perkembangan jaringan-jaringan otak bayi. Asam folat juga membantu menjaga perkembangan jaringan-jaringan tubuh bayi yang lain sehingga bayi akan terhindar dari resiko cacat.

  • Strawberry

Buah berwarna merah cantik dengan rasa manis yang sedikit masam ini bisa dibilang merupakan power house dari berbagai macam zat makanan yang sangat berguna untuk memperlancar kehamilan. Beberapa di antaranya adalah antioksidan, serat, asam folat, dan vitamin C. Seperti yang sudah Anda ketahui, vitamin C dan antioksidan merupakan benteng utama untuk menghalau zat-zat radikal bebas. Selain itu, antioksidan yang terdapat di dalam buah strawberry juga dapat membantu melindungi bayi dari terkena penyakit diabetes tipe 1.

  • Daging Merah

Selama hamil, Anda akan sangat disarankan untuk mengkonsumsi daging merah tanpa lemak. Daging merah merupakan makanan yang kaya akan protein dan zat besi. Akan tetapi, ada dua hal yang perlu Anda perhatikan saat mengkonsumsi daging merah ini, Moms. Yang pertama adalah jangan mengkonsumsi daging merah dalam keadaan setengah matang (dalam bentuk sate atau steak), dan juga hindari mengkonsumsi bagian jerohan hati. Karena hati memiliki kandungan retinol yang dinilai dapat berbahaya bagi janin.

  • Ikan Laut

Salah satu nutrisi penting untuk kehamilan sehat yang tidak boleh Anda lewatkan adalah asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 terdapat paling banyak di ikan laut, terutama di dalam ikan salmon dan tuna. Akan tetapi, berhati-hatilah jangan terlalu berlebihan saat mengkonsumsi ikan tersebut. Karena terlalu banyak mengkonsumsi ikan-ikan tersebut akan memperbesar resiko Anda terkena gejala keracunan zat polutan Merkuri.

author
No Response

Leave a reply "Inilah Panduan Nutrisi Penting Untuk Kehamilan Sehat"