Inilah Penyebab Bayi Sering Gumoh

No comment 183 views

Gumoh, atau peristiwa bayi memuntahkan kembali ASI yang diminumnya merupakan kejadian yang paling sering dihadapi. Bagi Bunda yang sudah berpengalaman dalam mengasuh bayi, Anda sudah terbiasa dengan peristiwa gumoh sehingga Anda tidak merasa panik. Tapi bagi mama muda, melihat bayi Anda gumoh mungkin membuat Anda merasa sedikit khawatir. Sebenarnya apa saja penyebab bayi sering gumoh?

Penyebab bayi sering gumoh yang pertama adalah dikarenakan sistem pencernaan bayi yang memang belum sepenuhnya berkembang, terutama pada newborn baby. Cincin otot lambung bayi belum berfungsi dengan sempurna, ditambah lagi dengan kapasitas lambung yang masih kecil sehingga tak jarang mengakibatkan adanya reflux ASI dari lambung bayi kembali naik ke mulut.

Selain penyebab di atas, ada juga penyebab-penyebab lain yang mengakibatkan bayi gumoh. Yaitu:

  • Reaksi alergi susu. Hal ini paling umum terjadi jika bayi Anda memberikan susu formula pada bayi Anda. Berbeda dari ASI yang memang didesain khusus untuk bayi manusia, susu formula kebanyakan dibuat dari susu sapi yang pada dasarnya tidak sebaiknya diberikan pada manusia. Dalam susu terdapat kandungan laktosa serta zat lain yang memicu reaksi alergi pada tubuh bayi, salah satu gejalanya adalah gumoh.
  • Penumpukan udara di dalam lambung. Ketika bayi menyusui, tak jarang sejumlah udara juga turut terhirup mulutnya. Udara tersebut kemudian masuk ke dalam lambung dan membentuk kantong-kantong udara. Kantong udara tersebutlah yang kemudian mendesak ASI yang masuk kembali naik dan dimuntahkan oleh bayi. Untuk mencegah adanya penumpukan kantong udara, ada baiknya Anda menepuk-nepuk lembut punggung bayi Anda setiap selesai menyusui untuk membuatnya bersendawa.

Anda memang tidak perlu terlalu mengkhawatirkan dampak dari gumoh, karena pada umumnya seiring dengan menguatnya fungsi otot cincin lambung dan membesarnya kapasitas lambung, gumoh dengan sendirinya dapat teratasi. Lagipula, gumoh juga sangat mudah diatasi. Hanya saja, Anda perlu waspada dan segera memeriksakan si kecil apabila bayi menunjukkan gejala berikut ini:

  • Gumoh bayi bersifat proyektil. Muntah proyektil berarti bayi Anda muntah ASI secara semburat dan dalam jumlah yang banyak. Dikhawatirkan itu merupakan gejala dari stenosis pilorus, yaitu kondisi kesehatan yang mana terdapat penebalan di otot-otot lambung bagian bawah sehingga mengakibatkan ASI di dalam lambung tersalur ke usus kecil.
  • Bayi memuntahkan cairan berwarna kuning, hijau atau bahkan disertai dengan sedikit darah
  • Bayi rewel dan menolak diberikan susu
  • Perut bayi membuncit, dan
  • Demam tinggi

Semoga ulasan seputar penyebab bayi sering gumoh di atas memberikan manfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Inilah Penyebab Bayi Sering Gumoh"