Jaga Anak Tetap Aman dengan Cara Mengatasi Anak Tersedak

Sebagai orangtua, Moms tentu harus melatih keterampilan hidup sederhana kepada anak sedini mungkin, salah satunya dengan belajar makan. Sayangnya, tak jarang anak mengalami tersedak ketika telah mulai belajar makan sendiri. Si kecil juga berpotensi tersedak pada rentang usia ketika telah mulai bereksplorasi dengan memasukkan benda-benda kecil di sekitarnya ke dalam mulutnya. Moms sebaiknya mengetahui beberapa teknik pertolongan sederhana sebagai cara mengatasi anak tersedak untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
Tersedak bisa disebabkan oleh gangguan jalan napas yang dapat menimbulkan kematian pada anak apabila tidak segera ditangani dengan pertolongan pertama. Gejala seperti batuk-batuk, sulit berbicara, hingga sulit bernapas juga bisa menunjukkan bahwa si kecil tengah tersedak sesuatu. Pada anak yang sudah bisa merespon komunikasi verbal, mintalah si kecil untuk batuk dengan kuat agar mengeluarkan benda yang membuatnya tersedak.
Cara mengatasi anak tersedak di bawah usia 1 tahun ialah dengan melakukan hentakan di punggung atau back blow. Gunakan pangkal tangan yang menghentak pada punggung di antara kedua tulang belikat untuk menangani tersedak pada anak yang masih sadar sepenuhnya. Posisikan balita dalam tubuh telungkup dan tertopang aman dengan posisi kepala lebih rendah.
Apabila manuver tersebut tidak berhasil sebagai cara mengatasi anak tersedak, Moms bisa melakukan hentakan di dada atau chest thrust maksimal 5 kali. Posisikan si kecil telentang dengan kepala yang lebih rendah dan mengarah ke bawah. Agar lebih aman, Moms, Anda bisa meletakkan punggung anak di lengan yang bebas dan menopang ubun-ubun dengan tangan dan lengannya dengan paha Anda. Lakukan chest thrust di tengah-tengah tulang dada dengan menggunakan telunjuk dan jari tengah selama beberapa kali hingga anak tak lagi tersedak.
Pada anak di atas usia setahun, Moms bisa melakukan maneuver Heimlich untuk menangani peristiwa tersedak ketika si kecil dalam keadaan sadar. Berdirilah di belakang anak dan letakkan lengan Anda di bawah ketiak si kecil dan mengelilingi pinggangnya. Kepalkan kedua telapak tangan Anda dalam keadaan mengunci dan letakkan tangan Anda di antara pusar dan tulang dada. Lakukan hentakan ke atas atau ke belakang sambil memeluk dari belakang untuk membuat si kecil mengeluarkan benda yang membuatnya tersedak.
Apabila buah hati dalam keadaan tidak sadar, bisa jadi jalan napasnya tersumbat dan si kecil membutuhkan bantuan unit gawat darurat segera. Moms bisa berlatih melakukan pertolongan darurat dasar seperti versi CAB, yakni kompresi dada, jalan napas, dan bantuan nafas. Lakukan kompresi dada sebanyak 30 kali tanpa memeriksa nadi, lalu dilanjutkan dengan memberikan 2 kali bantuan napas sebanyak 5 siklus atau selama 2 menit. Moms juga bisa mmbuka mulut si kecil dan memeriksa bagian dalam mulutnya untuk mencoba mengeluarkan benda yang membuatnya tersedak.
Untuk mencegah anak tersedak, Anda sebaiknya mengawasi anak saat bermain dan menjauhkannya dari benda-benda berukuran kecil yang berpotensi membuat buah hati tersedak.

author
No Response

Leave a reply "Jaga Anak Tetap Aman dengan Cara Mengatasi Anak Tersedak"