Jangan Panik Saat Mengatasi Muntah pada Anak

Saat si kecil muntah, salah satu reaksi pertama yang ditunjukkan oleh orangtua pastinya terkejut dan panik. Apalagi jika anak Anda masih bayi. Padahal ada kalanya kejadian tersebut adalah hal yang sangat wajar dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Terutama jika anak hanya muntah sesekali. Walaupun demikian, memang ada kalanya Moms wajib waspada jika anak muntah terlalu sering. Karena bisa saja muntahnya anak Anda sebenarnya merupakan gejala dari gangguan medis. Bagaimana ya cara mengatasi muntah pada anak?

Cara mengatasi muntah pada anak bergantung pada penyebab di baliknya. Beberapa gejala umum yang mengakibatkan anak muntah antara lain:

  • Gastroenteritis atau yang juga dikenal dengan nama Stomach Flu. Penyakit ini adalah gangguan pencernaan yang diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri di dalam perut. Gejalan lain yang mengiringi gastroenteritis selain muntah-muntah adalah nyeri, diare, serta demam pada anak.
  • Keracunan adalah faktor lain yang cukup umum yang mengakibatkan anak muntah. Anak Anda bisa jadi menelan benda-benda beracun seperti obat maupun bahan kimia lainnya. Bisa juga disebabkan oleh refleks tubuh dalam membuang racun dari dalam tubuh akibat anak mengkonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi.
  • Faktor yang lain adalah apendisitis (radang usus buntu), aktivitas anak yang terlalu berlebihan, infeksi telinga, infeksi saluran kemih, atau faktor psikologis seperti stres dan cemas.

Jika penyebab dari anak muntah adalah akibat keracunan, Anda dapat memberikan penawar racun alami yaitu air kelapa hijau. Solusi lain bisa juga dengan cara memberikan anak air jahe atau teh hangat untuk membantu menenangkan sistem pencernaan anak. Dan yang paling penting adalah anak tidak boleh sampai terkena dehidrasi. Jadi pastikan untuk memberikan air minum yang cukup untuk membantu mengatasi dehidrasi.

Bila perlu, Anda juga bisa memberikannya campuran oralit. Oralit bisa dibeli di apotik, atau bahkan Anda juga bisa membuat larutan oralit sendiri yang dibuat dari campuran setengah sendok teh garam dapur, serta 8 sendok teh gula pasir yang dilarutkan di dalam 1 liter air matang. Pemberian oralit ditujukan agar keseimbangan zat elektrolit di dalam tubuh anak kembali seimbang. Jika muntah-muntah tidak kunjung pulih dan bahkan disertai dengan gejala lain seperti demam atau diare, maka segeralah menghubungi dokter anak terdekat.

Semoga tips cara mengatasi muntah pada anak di atas bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Jangan Panik Saat Mengatasi Muntah pada Anak"