Kenali 4 Jenis Kanker pada Anak

No comment 85 views

Kanker adalah jenis penyakit mematikan yang sampai sekarang menjadi momok bagi orang dewasa. Seseorang bisa terkena kanker karena banyak faktor, seperti pola makan yang tidak terjaga, kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan merokok, hingga faktor genetik dan hormon. Tapi sebenarnya anak-anak pun tidak terlepas dari resiko terkena kanker, walaupun jenis kanker yang menyerang mereka berbeda dibandingkan dengan jenis-jenis tumor yang menyerang orang dewasa. Dikutip dari American Cancer Society, inilah 4 jenis kanker pada anak.

  • Leukemia

Leukemia atau yang juga dikenal dengan kanker darah adalah jenis kanker anak yang menyerang sumsum tulang belakang, dan merupakan kasus kanker yang paling umum terjadi pada anak-anak yaitu sebesar 30%. Sama seperti jenis kanker lainnya, leukemia dapat menyebar dan mengakibatkan kerusakan berbagai macam organ tubuh jika terlambat ditangani.

Jenis kanker darah yang paling umum yaitu Lymphocytic Leukemia dan Acute Myelogenous Leukemia mengakibatkan nyeri pada area persendian dan tulang, anak jadi sangat gampang merasa lelah, kulit anak jadi rapuh dan mudah berdarah, demam, serta menurunnya berat badan secara drastis. Leukemia stadium akhir dapat berujung pada kematian.

  • Kanker Otak

Selanjutnya adalah kanker otak yang menduduki peringkat kedua dalam kanker yang sering menyerang anak, dengan jumlah kasus sebanyak 26%. Kanker otak pun ada beragam kriterianya, dan tindakan pengobatan yang diambil pun berbeda-beda. Hanya saja, hampir semua kanker otak dimulai dari bagian batang otak yang mengakibatkan sakit kepala, mual hingga muntah, pandangan menjadi blur, kesulitan berjalan dan memegang objek, hingga kejang-kejang.

  • Retinablastoma

Retinablastoma adalah kanker yang menyerang retina mata, dan paling umum menimpa bayi berusia 2 tahun walaupun kasus kanker ini makin jarang ditemukan pada anak berusia di atas 6 tahun. Gejala retinablastoma yang paling sering terlihat adalah pupil anak berubah warna menjadi putih keperakan atau kuning di bawah terpaan cahaya yang terang. Selain itu, bentuk pupil juga cenderung lebih besar dari ukuran normal, mata anak juga terlihat tidak sejajar (strabismus).

  • Nephroblastoma

Jenis kanker yang lebih dikenal dengan sebutan Wilms Tumor ini adalah kanker yang menyerang satu atau kedua organ ginjal anak. Kondisi kesehatan ini biasanya ditandai dengan adanya benjolan di bagian perut anak. Ada kalanya anak menunjukkan gejala-gejala lain seperti demam tinggi, mual-mual yang disertai dengan menurunnya nafsu makan. Nephroblastoma tergolong kanker yang cukup langka dengan angka kasus hanya sekitar 5%.

Semoga informasi di atas bisa membantu Bunda dalam lebih memahami dan mewaspadai jenis kanker anak.

author
No Response

Leave a reply "Kenali 4 Jenis Kanker pada Anak"