Kenali dan Waspadai Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan Muda

Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan MudaKehamilan bagi sebagian besar orang merupakan hal yang paling dinanti-nantikan, dan dapat dibilang bahwa masa-masa kehamilan merupakan salah satu dari kenikmatan terbesar. Akan tetapi di satu sisi yang lain, kehamilan, terutama di usia kehamilan muda sangatlah rentan akan berbagai macam gangguan kehamilan. Beberapa di antaranya tidak hanya berpotensi mengganggu keselamatan janin tetapi juga dapat mengancam nyawa sang ibu. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mendeteksi dini tanda-tanda bahaya kehamilan muda sehingga Anda dapat memperoleh pertolongan medis yang Anda dan janin Anda butuhkan. Baca juga: Bunda, Inilah Jenis Bintik Merah Pada Bayi

  • Pendarahan

Salah satu dari tanda-tanda bahaya kehamilan muda yang wajib untuk diwaspadai adalah adanya pendarahan. Pada 3 minggu awal kehamilan, Anda akan mengalami pendarahan ringan yang ditandai dengan adanya bercak darah yang keluar dari vagina. Hal tersebut adalah hal yang normal dan merupakan tanda dari kehamilan itu sendiri.

Akan tetapi, jika Anda mengalami pendarahan berat yang juga disertai dengan sakit perut yang teramat sangat di perut bagian bawah maka Anda wajib memeriksakan diri ke dokter, karena besar kemungkinan Anda terkena kehamilan ektopik atau bahkan keguguran janin.

Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang terjadi di luar rahim, lebih tepatnya pada bagian tuba fallopi. Hal tersebut tentunya sangat berbahaya bagi Anda karena tuba fallopi tidak memiliki fungsi untuk menampung janin. Sehingga ketika janin tersebut tumbuh besar maka saluran tuba fallopi Anda akan robek sehingga mengakibatkan rasa sakit yang teramat sangat dan disertai dengan pendarahan parah.

  • Penurunan Aktivitas Gerakan Bayi Yang Signifikan

Pada usia kehamilan ke-5 atau 6 bulan, Anda sudah mulai dapat merasakan aktivitas bayi melalui tendangan-tendangannya di dinding rahim. Anda bahkan juga mulai bisa sedikit berinteraksi dengannya dengan membelai perut Anda. Akan tetapi, jika Anda merasakan aktivitas bayi Anda mengalami penurunan secara signifikan, di sanalah Anda berhak merasa curiga dan dengan segera memeriksakan kandungan Anda kepada dokter kandungan.

Dan sudah pasti karena hal tersebut bukanlah pertanda yang bagus. Penurunan aktivitas dari bayi yang menurun drastis menandakan bahwa ada yang salah di dalam kandungan Anda. Bisa jadi bayi Anda terserang virus penyakit, atau penyebab yang lain yang berpotensi mengancam nyawanya.

Demikianlah 2 tanda-tanda bahaya kehamilan muda yang wajib untuk diwaspadai. Tentu saja kita semua mengharapkan usia kehamilan yang sehat hingga masa persalinan tiba. Namun tidak ada salahnya juga untuk memperluas pengetahuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Bukan begitu, Bunda?

author
No Response

Leave a reply "Kenali dan Waspadai Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan Muda"