Kenapa Diet Saat Hamil Penting?

No comment 43 views

Aktivitas diet saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang sehat. Berat badan yang ideal membantu menghindarkan Anda dari resiko berbagai macam penyakit, especially penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Itulah kenapa diet sangat disarankan, tapi bagaimana dengan ibu hamil? Perlukah diet saat hamil?

Dan jawabannya sudah pasti, ya! Salah satu alasan kenapa diet saat hamil sangat disarankan adalah untuk mencegah obesitas. Obesitas terjadi karena penumpukan lemak berlebih yang tidak disertai dengan aktivitas pembakaran lemak yang cukup. Pada orang biasa saja, obesitas bisa mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan, dan bahaya tersebut menjadi 2 kali lipat pada ibu hamil lho. Obesitas saat hamil bisa mengakibatkan:

  • Preeklampsia

Obesitas pada ibu hamil berpotensi mengakibatkan komplikasi kehamilan yaitu preeklampsia. Preeklampsia terjadi akibat tingginya tekanan darah atau hipertensi di luar batas normal, dan seringkali diakibatkan oleh adanya penyempitan dinding pembuluh darah arteri oleh lemak kolesterol.

Mengecilnya aliran darah ke organ-organ tubuh dapat mengakibatkan berbagai macam kerusakan organ ibu, mulai dari jantung, organ hati, hingga kebutaan. Aliran darah yang terganggu juga bisa berdampak pada bayi yang ada di dalam rahim Bunda. Si kecil jadi tidak mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan, sehingga bayi Anda terpaksa dilahirkan secara prematur untuk mencegah terjadinya stillbirth atau kematian bayi di dalam kandungan.

  • Obesitas pada Janin

Ibu hamil dengan obesitas umumnya memiliki kadar gula darah yang sangat tinggi. Dan karena si kecil bergantung pada asupan nutrisi di dalam darah Anda, maka tubuhnya pun turut menyerap kandungan gula darah yang tinggi tersebut. Organ pankreas bayi yang memproduksi insulin belum cukup matang untuk menghasilkan hormon insulin. Sehingga berakibat pada penumpukan zat glukosa dalam tubuh si kecil. Bayi Anda pun akan terlahir dengan ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan bayi normal dan besar kemungkinan ia menderita Diabetes Tipe 1 sepanjang hidupnya nanti.

 

Nah, paham kan kenapa ibu diet saat hamil sangat penting? Tapi, ada beberapa hal yang wajib Anda ingat untuk hasil diet yang maksimal dan tetap aman. Salah satunya adalah pilihlah pola makan seimbang dan sehat. Jangan melakukan diet ketat karena nanti justru tubuh Anda dan si kecil tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Perbanyak konsumsi buah, sayuran segar, kacang-kacangan, biji-bijian, dan juga ganti sarapan nasi Anda dengan makanan berkarbohidrat kompleks seperti roti gandum atau oatmeals. Soal olahraga, pilihlah jenis olahraga ringan seperti berenang dan yoga.

 

author
No Response

Leave a reply "Kenapa Diet Saat Hamil Penting?"