Ketahui 3 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

Kehamilan yang sehat dengan janin yang berkembang dengan sempurna sudah pasti jadi pregnancy goal bagi setiap ibu hamil. Selain memasukkan olahraga ibu hamil ke dalam rutinitas Anda, Bunda juga wajib memperhatikan asupan makanan Anda. Alasannya sudah jelas, dari makanan yang Anda konsumsi-lah janin mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya untuk berkembang. Selain itu asupan makanan yang tepat juga dapat membantu menjaga kesehatan ibu selama 9 bulan kehamilan, bahkan hingga masa menyusui nantinya. Nutrisi penting bagi ibu hamil manakah yang wajib ada di dalam makanan Anda?

  • Asam Folat

Jenis vitamin B kompleks ini termasuk ke dalam nutrisi penting bagi ibu hamil. Peran asam folat sangatlah penting dalam proses pembentukan dan pembelahan sel-sel tubuh. Kekurangan asam folat dapat mengakibatkan proses pembelahan sel pada janin menjadi tidak maksimal.

Akibatnya bayi Anda terancam terkena berbagai macam penyakit kelainan tabung syaraf seperti spina bifida, anencephaly, serta kelainan lainnya seperti bibir sumbing atau bayi terlahir dengan berat badan rendah.

Untuk mencegah cacat lahir di atas, pastikan bahwa Anda menerima asupan asam folat sebanyak 600 mcg tiap harinya. Bahkan ada baiknya Anda mulai mengkonsumsi makanan sumber asam folat seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan buah pisang untuk memenuhi tuntutan nutrisi asam folat sebanyak 400 mcg tiap harinya, tepatnya 1 bulan sebelum kehamilan.

  • Zat Besi

Suatu penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari University of Rochester Medical Center menunjukkan bahwa peran zat besi terhadap perkembangan otak bayi sangatlah besar. Seorang bayi yang memperoleh asupan zat besi yang cukup selama ada di dalam rahim menunjukkan kemampuan menangkap informasi yang lebih besar dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapat asupan zat besi yang cukup.

Kemampuan mereka dalam belajar berbahasa nantinya akan dipengaruhi oleh cukup tidaknya asupan zat besi selama berada di dalam rahim, maupun saat memasuki fase menyusui.

Tapi hati-hati! Terlalu banyak asupan zat besi juga bisa mengakibatkan keracunan. Diskusikan berapa banyak asupan zat besi yang Anda butuhkan dengan dokter kandungan Anda, ya!

  • Kalsium

Bunda dan janin di dalam rahim Anda sama-sama membutuhkan kalsium lho! Bagi ibu hamil, kalsium tidak hanya menjaga tulang Anda agar tetap padat, tetapi juga membantu proses pembekuan darah pada luka sekaligus menjaga keseimbangan hormon dan sistem kardiovaskular.

Bagi janin, kalsium sangat diperlukan untuk membantu pembentukan dan memperkuat tulang dan gigi bayi. Paling tidak, tubuh Anda membutuhkan 1,000 miligram kalsium tiap harinya. Selain dari susu sapi, kalsium juga banyak terdapat di dalam sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, serta kacang-kacangan.

Semoga ulasan tentang nutrisi penting bagi ibu hamil di atas bermanfaat untuk Anda, Moms!

author
No Response

Leave a reply "Ketahui 3 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil"