Keunggulan KB Implan Generasi Terbaru

Program Keluarga Berencana atau KB sudah mulai digalakkan di Indonesia sejak tahun 1970. Di masa kini program kontrasepsi ini kembali digalakkan akibat ledakan pendudukan di Indonesia yang mulai tidak terkontrol. Mengingat semakin tingginya angka pengangguran dan menipisnya Sumber Daya Alam sebagai dampak dari ledakan penduduk, memang sebaiknya kita turut mensukseskan program pemerintah ini. Salah satu jenis KB yang digadang-gadang memiliki keberhasilan tinggi dan minim resiko adalah KB implan. Apa saja keunggulan KB implan generasi terbaru ini?
Tapi sebelum kita membahas keunggulan KB implan generasi terbaru, ada berapa banyak dari Anda yang mengetahui tentang keberadaan susuk KB ini? Bisa bertaruh deh jumlah Anda yang mengetahuinya jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah orang yang mengetahui jenis KB lain, seperti pil KB atau KB suntik. Karena memang, jumlah pengguna KB implan ini jauh lebih minim dibandingkan dengan pengguna pil KB atau suntik KB.
Berdasarkan data dari BKKBN di tahun 2013, , alat kontrasepsi suntik menduduki peringkat pertama dari alat kontrasepsi yang paling banyak digunakan yaitu sekitar 48,56%. Disusul dengan KB pil dengan persentase total 26,60%. Metode IUD (Intra-Uterine Device) mendapatkan persentase sekitar 7, 75%, sedangkan KB implan sebesar 9,23%.
Padahal manfaat dari KB implan ini jauh lebih ampuh dibandingkan 2 jenis alat kontrasepsi yang lain. KB implan memiliki efek pencegahan kehamilan dalam jangka panjang. Tidak seperti IUD yang ditanamkan di dalam rahim, susuk KB ini cukup dipasang di bagian bawah kulit di area lengan atas. Selain itu, dibandingkan dengan KB suntik maupun pil, alat KB ini hanya mengandung hormon progestin sehingga dapat melindungi Anda dari resiko kanker payudara. Buat para ibu menyusui pun, alat kontrasepsi ini juga sangat aman untuk digunakan karena tidak akan menghambat produksi ASI.
Begitu ditanam di kulit bagian bawah lengan, hormon progestin yang ada di dalamnya langsung menekan produksi hormon pemicu kehamilan. Selain itu, alat kontrasepsi ini juga memicu mengentalnya lendir di mulut serviks sehingga mempersulit sperma masuk ke dalam rahim dan mencapai sel telur. Dengan gagalnya sperma mencapai ovum maka pembuahan tidak akan terjadi.
Cukup menggiurkan kan keunggulan KB implan generasi terbaru ini? Tapi memang dibandingkan dengan metode KB jangka pendek, KB implan membutuhkan biaya pemasangan yang cukup mahal. Tapi dilihat dari khasiatnya, cukup worth it kan?

author
No Response

Leave a reply "Keunggulan KB Implan Generasi Terbaru"