Kopi Mencegah Step Pada Bayi; Mitos Atau Fakta?

Step atau kejang-kejang pada bayi sudah pasti langsung membuat setiap orangtua merasa khawatir. Bayi biasanya mengalami kejang-kejang ketika ia mengalami demam, dan karena kejadiannya begitu mendadak banyak orangtua yang langsung merasa panik. Dan pastinya untuk mencegah bayi terkena step, Anda sudah menghabiskan banyak waktu untuk googling tentang topik tersebut atau mungkin bertanya pada orang-orang di sekitar Anda. Dan kalau Anda tipe orang kedua, Anda paling tidak pernah mendengar pendapat kalau kopi mencegah step pada bayi.

Pertanyaannya, benarkah kopi mencegah step pada bayi? Kalau menurut Katalog Ibu, ada baiknya Anda tidak langsung melakukan saran tersebut dan  membaca artikel ini terlebih dahulu. Pertama-tama, ternyata zat kafein yang ada di dalam kopi biasa diberikan pada bayi prematur untuk membantu mengobati masalah permasalahan. Tapi, hal yang sama tidak dapat diterapkan pada bayi yang sedang mengalami kejang-kejang.

In fact, kandungan kafein di dalam ASI yang terlalu banyak bisa mengakibatkan dampak negatif terhadap bayi. Bayi belum bisa meregulasi dan membuang kelebihan kafein di dalam tubuhnya secepat tubuh orang dewasa, dan jika kadar kafein di dalam tubuh bayi terlalu banyak maka bayi akan menjadi restless. Ia menjadi gelisah, rewel, dan juga memiliki jam tidur yang terlalu singkat karena sering terjaga dari tidurnya. Bayi Anda membutuhkan banyak sekali waktu tidur untuk mendukung pertumbuhan tubuhnya. Jam tidur yang terganggu bisa mengakibatkan pertumbuhan yang tidak maksimal lho.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi bayi kejang-kejang? Pertama adalah tetap tenang dan jangan panik. Kejang demam pada bayi adalah hal yang normal, tapi Anda wajib segera menghubungi dokter jika bayi step dengan durasi lebih dari 10 menit dan terus berulang dalam waktu 24 jam. Amati durasi kejang bayi, jika kejang tersebut berhenti kurang dari 15 menit dan tidak berulang maka Anda tidak perlu terlalu khawatir karena hal tersebut adalah hal yang normal.

Saat bayi step, pindahkan bayi di permukaan datar seperti permukaan lantai yang sudah dilapisi dengan karpet. Letakkan bayi dengan posisi menyamping sehingga jika bayi muntah, ia tidak akan tersedak muntahannya sendiri. Permudah bayi bernapas dengan melepaskan kancing kerah baju. Dan yang paling penting, tahan godaan untuk memasukkan jari Anda ke dalam mulut bayi atau menyuapkan makanan atau minuman selama bayi kejang.

Jadi ternyata anggapan kopi mencegah step pada bayi tidak sepenuhnya benar ya, Moms?

author
No Response

Leave a reply "Kopi Mencegah Step Pada Bayi; Mitos Atau Fakta?"