4 Manfaat Pilates untuk Ibu Hamil; Sudah Tahu?

Biarpun Anda tengah hamil, tetap saja Moms wajib untuk tetap berolahraga. Berlawanan dari yang dipercaya oleh sebagian masyarakat, olahraga justru bisa membantu menjaga agar 9 bulan kehamilan Anda berlangsung lancar dan tetap sehat hingga hari persalinan tiba. Hanya saja, Moms perlu cermat dalam memilih jenis olahraga yang tepat buat Anda. Olahraga dengan intensitas ringan yang paling direkomendasikan untuk Anda, contohnya adalah pilates. Sudah tahu manfaat pilates untuk ibu hamil berikut ini?
• Menjaga Berat Badan
Menjaga berat badan ideal di sini bukan demi tujuan estetika, melainkan lebih agar kehamilan Anda tetap sehat Moms. Berat badan yang terkontrol membantu sang ibu terhindar dari diabetes gestational dan hipertensi. Yang secara otomatis juga mencegah berbagai macam komplikasi kehamilan, mulai dari preeclampsia yang mengakibatkan bayi terpaksa lahir prematur hingga bayi menderita diabetes tipe 1. Manfaat pilates untuk ibu hamil yang pertama adalah, olahraga ini bisa membantu membakar lemak berlebih dari dalam tubuh tanpa regime olahraga yang berat.
• Menjaga Kebugaran Tubuh
Olahraga pilates juga sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan stamina Anda lho, Moms. Pilates bisa membantu memperlebar pembuluh darah arteri sehingga pendistribusian darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh pun makin lancar. Tubuh Anda pun akan terasa makin segar, berenergi, dan tidak gampang lelah. Khasiat dari olahraga pilates satu ini sudah akan cukup menggantikan peranan kopi atau minuman berenergi yang biasa Anda konsumsi sebelum hamil
• Mencegah Mood Swing
Mood swing atau perubahan mood adalah hal yang lumrah terjadi pada beberapa ibu hamil. Itu semua gara-gara gejolak hormon yang terjadi di dalam tubuh Anda, terutama di usia trimester awal kehamilan. Nah untuk mencegah mood Anda menjadi berantakan selama hamil, cobalah untuk melakukan olahraga pilates. Karena sama seperti jenis olahraga manapun, olahraga ini memicu produksi hormon dopamine dan menurunkan hormon kortisol. Tubuh Anda pun akan terasa lebih rileks dan Anda pun jadi merasa jauh lebih senang
• Membantu Mencegah Insomnia
Insomnia atau sulit tidur sering melanda ibu yang sudah sampai di usia kehamilan trimester ketiga. Kualitas tidur yang buruk bisa berpengaruh buruk terhadap kehamilan dan overall mood Anda lho, Moms. Itulah kenapa Katalog Ibu sangat menyarankan Anda untuk mencoba olahraga pilates. Olahraga pilates bisa membantu meningkatkan produksi hormon dopamine, yang kemudian dapat membantu Anda menjadi jauh lebih rileks, pernapasan Anda pun terasa lebih lapang. Sehingga Anda bisa tidur nyenyak di malam hari.
Setelah tahu manfaat pilates ibu hamil di atas, makin bersemangat untuk menjajal olahraga ini kan?

author
No Response

Leave a reply "4 Manfaat Pilates untuk Ibu Hamil; Sudah Tahu?"